Sukses

PKS Persiapkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah untuk Pilpres 2024

Liputan6.com, Mataram - Ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) masih tiga tahun lagi. Namun, Partai Keadilan Sosial (PKS) ternyata telah mempersiapkan beberapa nama kader internalnya yang akan diusung sebagai Capres atau Cawapres pada pemilu 2024 mendatang.

Nama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah masuk sebagai salah satu figur kader PKS yang akan diusung sebagai calon presiden dari unsur kepala daerah pada Pilpres 2024.

“Hasil Munas PKS kemarin, PKS mengamanatkan bahwa DPP PKS Memperjuangkan kader Internal untuk maju sebagai Capres 2024. Dan Unsur Kepala Daerah, nama Pak Zul (Zulkieflimansyah) menjadi salah satu Figur yang diperhitungkan,” ujar Direktur pencapresan DPP PKS, Suhud Alyuddin, Rabu (23/06/2021).

Keempat figur internal PKS yang dipersiapkan untuk Pilpres 2024 tersebut adalah Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman, Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Menurut Suhud, nama Zulkieflimansyah masuk sebagai figur kader yang diperhitungkan lantaran kemampuan akademik dalam bidang ekonomi dan pengalaman politik yang dinilai sudah matang. Sebab, sosok Gubernur yang karib disapa bang Zul ini telah menadi anggota DPR tiga periode dari PKS.

“Beliau (Zulkieflimansyah) itu adalah kepala daerah, beliau Doktor Ekonomi dan juga pernah menjadi anggota DPR-RI beberapa periode,” kata Suhud.

 

2 dari 3 halaman

Sosok Gubernur NTB Zulkieflimansyah

Meski demikian, keputusan siapa yang akan diusung oleh PKS dari kaderanya untuk menjadi Capres akan diumumkan  dalam waktu dekat. Sebab, kata dia, kewenangan masalah pencapresan berada di tangan Majelis Syuro PKS.

“Keputusan pencapresan menjadi kewenangan majelis Syuro, dan keputusan itu akan diumumkan dalam waktu dekat, persisnya nanti akan diumumkan kemudian,” Suhud menjelaskan.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah merupakan kader PKS yang saat ini menjabat sebagai Gubernur NTB periode 2018- 2023. Ia telah lama berkecimpung di dunia politik yaitu menjadi anggota DPR-RI dari PKS sejak tahun 2004 hingga 2018.

Sementara untuk akademisnya, Zulkieflimansyah mendapat gelar Doktor Ekonomi Industry dari Departement of Economic University of Strathclyde, UK. Pada tahun 2003 Zulkieflimansyah juga pernah dinobatkan oleh LIPI sebagai Peneliti Muda Terbaik bidang Ekonomi dan Manajemen.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: