Sukses

Pabrik Smelter PT IWIP Halmahera Meledak, 3 WNA Jadi Korban

Insiden meledaknya smelter PT IWIP Halmahera ini dilaporkan terjadi di bagian tungku Smelter A.

Liputan6.com, Halmahera - Kecelakaan di kawasan perusahaan kembali terjadi di Smelter PT IWIP Halmahera, Maluku Utara, Selasa 15 Juni 2021. Salah satu tungku smelter meledak. Dalam peristiwa ini dilaporkan 6 orang dilarikan ke rumah sakit. Enam orang tersebut tiga di antaranya WNA dan tiga lainnya merupakan warga Halmahera.

Insiden ini dilaporkan terjadi di bagian tungku Smelter A pada Selasa sekitar jam 06.00 WIT.

Riski Yawan, salah satu keluarga korban dalam insiden tersebut menyatakan bahwa pihak keluarga telah menerima laporan tersebut dari para pekerja di PT IWIP Halmahera Tengah.

"Dan benar setelah dipastikan di rumah sakit, kakak saya mengalami luka yang parah dalam peristiwa ini. Kakak saya bersama 5 rekannya sedang dalam perawatan medis di Ruang IGD RSUD Chasan Boesoirie Ternate," jelas Riski, begitu dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa malam.

Ia mengemukakan, dari jumlah korban yang ada di rumah sakit ini, terdapat tiga di antaranya mengalami luka bakar yang sangat serius. Korban ini salah satunya adalah kakaknya sendiri.

Pengamatan Liputan6.com di RSUD Chasan Boesoirie terdapat enam korban ini masih dalam penanganan medis. Mereka belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait insiden ini.

Terkait dengan insiden meledaknya smelter di PT IWIP tersebut, pihak perusahaan melalui Tim HSE, mengaku sedang melakukan investigasi. Ditambahkan, kalau kondisi pabrik saat ini sudah terkontrol.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.