Sukses

Wujudkan Pertanian Sexy untuk Milenial, MIA Expo Digelar di Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajak generasi muda untuk meningkatkan potensi serta kemampuannya dalam sektor pertanian.

"Pertanian itu sexy dan potensial, pertanian itu menjanjikan. Maka kalian harus bangga menjadi petani serta entrepreneur muda di sektor pertanian," kata Syahrul Yasin di acara The 2'nd Millenial Indonesian Agropreneur (MIA) Expo 2021 di Atrium Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (12/6/2021).

Syahrul menambahkan, target penumbuhan dan pengembangan petani milenial sebanyak 2,5 juta pada tahun 2024 merupakan salah satu konsen dari Kementerian Pertanian saat ini.

"The 2'nd Millenial Indonesian Agropreneurs (MIA) Expo digelar dalam rangka mewadahi para petani milenial untuk saling bertukar pengalaman serta membangun jejaring antar wirausahawan muda pertanian," tambahnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan, 10 tahun yang akan datang situasi akan berubah, petani yang sekarang sedang produktif maka akan memasuki usia pensiun. Regenerasi petani tua ke petani muda harus segera dilaksanakan.

"Petani milenial itu cerdas, melek terhadap IPTEK, dan memiliki adrenalin yang luar biasa, pembangunan pertanian harus menjadi milik anak-anak muda," ujar Dedi.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan bahwa kunci sukses sektor pertanian adalah peningkatan produktivitas. Upayanya harus dimulai dari permodalan hingga pasca produksi.

2 dari 3 halaman

Harapan Sultan

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam keterangan virtual berharap pemuda kembali ke daerah dan mengembangkan sektor pertanian.

"Pertanian maju, mandiri, modern menjadi salah satu misi Kementan. Hal tersebut dapat bila SDM pertanian dapat mengombinasikan antara intelektual dengan kemampuan iptek yang tinggi," ujarnya.

Jika dua hal itu sudah terwujud, maka cita-cita Bung Karno agar pemuda Indonesia mampu mengguncang dunia akan segera terwujud," unggap Sri Sultan.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: