Sukses

Bendera Merah Putih dan Garuda Pancasila di Dinding Masjid Jami Betawi Al Karomah

Masjid Jami Betawi Al Karomah ini punya sejarah istimewa yang berkaitan dengan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Jami Betawi Al Karomah yang juga dikenal dengan Masjid NKRI ini tak seperti masjid pada umumnya. Hampir seluruh bangunannya dibalut dengan batu alam. Batu-batu itu menyusun di setiap sudut bangunnya.

Umumnya, mimbar sebuah masjid terbuat dari kayu. Namun itu tidak berlaku pada masjid ini, mimbar masjidnya juga terbuat dari susunan batu alam.

Masjid Jami Betawi Al Karomah berada di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Masjid ini berada di tengah perkampungan yang cukup padat, namun pesona dan keunikannya membuatnya layak dikunjungi.

Saat memasuki area dalam, pengunjung akan disuguhkan penampakan yang juga unik. Tonjolan batu-batu alam yang tampak alami terpampang di hadapan Anda. Lengkap dengan sebuah prasasti mirip kaligrafi lafazh Allah SWT.

Selain lafazh-lafazh Allah dan kalimat-kalimat berbahasa Arab, masjid ini juga dipenuhi dengan sejumlah prasasti berkaitan dengan kemerdekaan dan keindonesiaan. Tak heran bila masjid ini juga dikenal dengan sebutan masjid NKRI. 

"Saya tidak mau bangsa ini pecah," itu salah satu kalimat yang tertera dalam prasasti. "Semua organisasi apapun yang tidak menyetujui lambang Garuda Pancasila dan kedaulatan Republik Indonesia, hengkang dari bumi pertiwi. Keluar jauh-jauh dari Indonesia."

Konon, Masjid Jami Betawi Al Karomah yang terletak di Kampung Pahlawan Setia itu punya sejarah khusus yang berkaitan dengan perjuangan melawan penjajah, yakni pertempuran melawan KNIL pada 1947. Kala itu, Belanda berusaha kembali menduduki Indonesia yang masih belia.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.