Sukses

Wagub Jabar Positif Covid-19 dan Jalani Isolasi Mandiri

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dinyatakan positif virus Corona (Covid-19) hasil pengetesan swab PCR.

Liputan6.com, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dinyatakan positif virus Corona (Covid-19) hasil pengetesan swab PCR. Mantan Bupati Tasikmalaya itu tengah menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

Kabar Uu positif Covid-19 disampaikan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya, Selasa (8/6/2021).

"Mohon doanya, Bapak Wakil Gubernur Jawa Barat, @ruzhanul saat ini sedang isolasi mandiri di rumah dinas karena terpapar Covid-19. Kita doakan semoga lekas pulih dan kembali melayani masyarakat Jawa Barat. Aamiin. Hatur Nuhun," tulis akun pribadi @ridwankamil.

Sementara itu, Wagub Uu membenarkan bahwa dirinya terpapar Covid-19. Ia mengaku mendapat hasil tes swab pada Minggu (6/6/2021) lalu.

"Assalamu'alaikum baraya, warga Jawa Barat yang saya cintai. Hari Ahad kemarin, tepatnya tanggal 6 Juni 2021, qadarullah wa ma syaa fa’al, dari hasil swab PCR saya dinyatakan positif Covid-19," kata Uu dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @ruzhanul.

"Baraya, karena dalam masa pandemi Covid-19 ini kita harus terbuka dan transparan, saya memilih untuk langsung mengumumkan hal tersebut. Bagi siapa pun yang pernah berinteraksi dengan saya dalam beberapa hari sebelumnya, saya minta agar segera melakukan swab test di puskesmas terdekat untuk memastikan penularan virusnya tidak tersebar," ujar Uu melanjutkan.

Meski terpapar Covid-19, Uu menyebut kondisinya saat ini baik-baik saja tanpa gejala. Sejak Senin (7/6/2021), dia sudah mulai menjalani prosedur penanganan Covid-19 dengan segera melakukan isolasi mandiri di rumah dinas dalam waktu 14 hari ke depan.

"Selama menjalani isolasi mandiri, Insya Allah saya akan berusaha untuk tetap menjalankan tugas membantu Bapak Gubernur @ridwankamil seperti biasanya, karena selain bisa dilakukan secara online, prosedur kerja itu akan membatasi saya berinteraksi secara fisik tanpa risiko menularkan kembali virus Covid-19 kepada orang lain," ujar Uu.

Uu pun kembali mengingatkan kembali kepada semua agar tetap waspada terhadap Covid-19. Tetap selalu patuhi aturan dengan terus menjaga protokoll kesehatan 5M selama masa pandemi: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi interaksi dan mobilisasi.

"Satu hal yang menenangkan, Alhamdulillah istri dan anak-anak termasuk beberapa orang dekat saya, setelah melakukan swab PCR yang sama, mereka semua dinyatakan negatif dari virus," kata Uu.

Uu diketahui sudah dua kali menerima vaksin Covid-19 Sinovac. Suntikan pertama vaksin Covid-19 didapatkan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, pada 14 Januari 2021. Sedangkan, dosis kedua dia dapatkan pada 28 Januari 2021.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.