Sukses

Jemaah Tarekat Sattariyah Sumbar Baru Berlebaran Hari Ini 14 Mei 2021

Tarekat Sattaariyah Sumbar lebaran satu hari lebih lambat dari yang telah ditetapkan pemerintah.

Liputan6.com, Agam - Jemaah Tarekat Syattariyah yang ada di sejumlah daerah di Sumatera Barat, merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah pada Jumat, 14 Mei 2021.

Tarekat Syattariyah merayakan Idul Fitri satu hari lebih lama, dari mayoritas warga Muslim di Tanah Air yang merayakannya pada Kamis, 13 Mei 2021.

"Iya besok baru Salat Idul Fitri, Kamis malam takbiran," kata salah seorang jemaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Agam, Yurnida (56) kepada Liputan6.com, Kamis (13/5/2021).

Dalam menentukan awal puasa maupun Idul Fitri, Tarekat Sattariyah melaksanakan maniliak atau memantau hilal dengan mata telanjang.

Maniliak bulan dilakukan jemaah di sejumlah tempat, seperti di Pantai Ulakan Padang Pariaman dan Koto Tuo Agam.

"Dibanding tahun-tahun sebelumnya, biasanya memang kami berbeda dengan mayoritas umat Muslim, namun itu tidak jadi masalah," katanya.

Perbedaan ini tidak hanya kerap terjadi pada perayaan Idul Fitri, lanjutnya namun juga saat penentuan Idul Adha.

"Kami sekeluarga mengikuti ajaran Tarekat Syattariyah, walau memulai puasa Ramadan dan Idul Fitri berbeda dengan masyarakat pada umumnya, namun tujuannya tetaplah sama," jelasnya.

Mengingat pandemi covid-19 masih mewabah di penjuru negeri, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar meminta masyarakat yang melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dan musala dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Mari kita berdoa kepada Allah agar pandemi ini segera berakhir," ia menambahkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.