Sukses

Selain Covid-19, Dokter Sebut Ustaz Tengku Zulkarnain Mengidap Diabetes Melitus

Selain karena Covid-19, Ustaz Tengku Zulkarnain juga mempunyai riwayat penyakit bawaan sehingga memperburuk kondisinya sebelum mengembuskan napas terakhir.

Liputan6.com, Pekanbaru - Ustaz Tengku Zulkarnain meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Selain virus corona, ustaz kondang itu juga mempunyai riwayat penyakit bawaan sehingga memperburuk kondisinya sebelum mengembuskan napas terakhir.

"Ada DM (diabetes melitus), ya penyakit gula," kata Direktur Corporate Communication RS Tabrani, Ian Machyar, Senin malam, 10 Mei 2021.

Ian menjelaskan, Ustaz Tengku Zulkarnain dibawa ke rumah sakit pada 2 Mei 2021. Tim medis lalu melakukan rapid antigen dan hasilnya positif.

Selanjutnya, tim medis melakukan PCR kepada Ustaz Tengku Zulkarnain. Hasilnya juga positif atau terkonfirmasi Covid-19 sehingga harus menjalani perawatan intensif.

"Kemudian dirawat di ruang ICU," ucap Ian.

Ian menyebut kondisi Ustaz Tengku Zulkarnain selama dirawat selalu naik turun. Terkadang, Tengku Zulkarnain membaik kemudian memburuk lalu membaik lagi.

"Akhirnya memburuk dan diberikan ventilator di ruang ICU," kata Ian.

Berdasarkan penuturan tim dakwah, sambung Ian, Tengku Zulkarnain sudah melakukan safari Ramadan di Kabupaten Rokan Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Kuantan Singingi, dan rencananya ke Pekanbaru.

"Di Pekanbaru kelelahan karena telah berdakwah di berbagai daerah," sebut Ian.

Untuk pihak keluarga sendiri, Ian menyebut sudah dilakukan tracing. Hasilnya negatif semua atau tidak terpapar Covid-19.

"Baik itu keluarga di Pekanbaru ataupun keluarga dari Medan," kata Ian.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.