Sukses

Wajib Coba, Ini 5 Minuman Khas Minangkabau yang Legendaris

Liputan6.com, Padang - Selain terkenal dengan kulinernya yang khas seperti rendang dan dendeng batokok, Sumatera Barat juga memiliki minuman khas yang legendaris.

Minuman khas Ranah Minang ini tak hanya sekadar pelepas dahaga, namun juga kaya akan manfaat dan digandrungi baik laki-laki maupun perempuan.

Berikut lima minuman khas Minangkabau yang wajib Anda cicipi.

2 dari 7 halaman

Teh talua

Nama teh talua tak asing lagi di telinga masyarakat Sumatera Barat, dikenal sebagai minuman penambah stamina dan membugarkan tubuh. Teh ini cocok untuk membangkitkan tenaga setelah beraktivitas seharian.

Penggemar teh talua memang didominasi oleh para pria. Namun tak sedikit pula wanita yang menyukai minuman lokal untuk penambah stamina.

Teh talua merupakan kuliner yang terbuat dari campuran teh, gula dan telur ayam kampung serta sedikit perasan jeruk nipis. Rasa telurnya tidak begitu kentara ketika sudah diseduh.

 

3 dari 7 halaman

Aia Kawa

Aia kawa atau kawa daun merupakan minuman yang terbuat dari daun kopi yang diseduh dengan air panas seperti membuat teh.

Kuliner ini muncul saat zaman Belanda, di mana saat itu penduduk Sumatera Barat dilarang menikmati biji kopi untuk konsumsi pribadi meskipun mereka dipaksa menanamnya demi kepentingan perdagangan Belanda.

Penduduk Sumatera Barat pun tidak kehabisan akal. Mereka mengganti biji kopi dengan daun kopi yang dipercaya masih mengandung zat kafein.

4 dari 7 halaman

Aia Aka

Aia aka berwarna hijau, teksturnya kenyal seperti agar-agar dan menyegarkan tenggorokan. Tidak hanya itu, sajian Aia aka dipercaya oleh masyarakat sebagai pereda panas dalam.

Minuman aia aka juga dikenal dengan sebutan 'ubek tawa'. Masyarakat Minang percaya, sari pati perasan daun cincau yang mengental punya khasiat positif terhadap kesehatan.

Banyak khasiat aia aka yang dipercaya masyarakat Sumbar, di antaranya meredakan panas dalam dan menghilangkan perut kembung. Aia aka juga kerap dijadikan menu berbuka puasa oleh masyarakat.

5 dari 7 halaman

Jus Pinang Muda

Sama seperti teh talua, jus pinang muda juga lebih banyak dikonsumsi oleh pria. Hal ini tidak terlepas karena khasiatnya yang dapat menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan beberapa penjual jus pinang muda ada yang menambahkan telur dan susu plus madu.

Untuk menambah rasa hangat, tidak jarang ditambahkan potongan jahe di dalamnya. Biasanya telur yang digunakan adalah kuning telur itik.

6 dari 7 halaman

Es Durian

Es durian mungkin juga banyak ditemui di daerah lain, namun yang membedakan es durian khas Sumatera Barat dengan es durian lainnya yaitu bahan-bahan campuran yang digunakan.

Minuman khas Ranah Minang ini terdiri dari campuran durian, cincau hitam, kelapa muda dan bubur serta es serut yang kemudian ditambah susu kental manis cokelat di atasnya.

Es durian yang paling terkenal di padang adalah es durian Ganti Nan Lamo yang sudah berdiri sejak tahun 1960.

7 dari 7 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: