Sukses

Datang Tak Diundang, Macan Dahan Masuk Kamar Mandi Rumah Warga

Satwa langka itu diduga masuk rumah warga karena berkelahi dengan sejenisnya.

Liputan6.com, Pasaman Barat - Seekor satwa langka dan dilindungi jenis macan dahan masuk ke rumah warga di Rimbo Batu Jorong Koto Padang, Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Satwa itu diketahui masuk rumah Unan (34) pada hari Rabu (28/4/2021) sekitar pukul 12.30 WIB. Awalnya keluarga Unan menyangka satwa tersebut adalah harimau sumatra.

"Kejadian tersebut dilaporkan oleh Unan kepada petugas Puskeswan Kinali yang selanjutnya diteruskan kepada kami," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra kepada Liputan6.com, Rabu, (28/4/2021).

Tim BKSDA yang mendatangi lokasi langsung melaksanakan evakuasi satwa dari dalam kamar mandi. Butuh waktu tiga jam untuk mengevakuasi macan dahan itu.

Ade menduga satwa tersebut masuk ke rumah warga setelah berkelahi dengan jenisnya, dan terjebak di dalam kamar mandi.

Hasil identifikasi lapangan, macan dahan diduga berasal dari kawasan hutan lindung di kaki Gunung Pasaman yang berjarak 700 meter dari lokasi kejadian.

"Evakuasi terkendala banyaknya warga yang ingin melihat satwa langka itu, sehingga petugas terpaksa membubarkan warga untuk memperlancar aktivitas evakuasi," ujarnya.

Selanjutnya, satwa dilindungi ini dibawa tim BKSDA ke kantor Resor BKSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi.

Kondisi satwa diketahui tidak memiliki luka yang berarti, hanya luka kecil karena berusaha ke luar dari kandang. "Jika kondisinya stabil, rencananya akan langsung dilepasliarkan besok," jelas Ade.

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.