Sukses

Peran Strategis Pelabuhan Bitung untuk Ekspor ke Negara di Kawasan Asia Pasifik

Liputan6.com, Manado - Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Bitung, Sulut, Sabtu (10/4/2021). Selain menyerap aspirasi para mitra kerja, legislator Senayan itu juga bicara soal peran strategis Pelabuhan Bitung dalam distribusi barang ke luar negeri.

Anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar mengatakan, Pelabuhan Bitung menjadi akses distribusi berbagai produk ke sejumlah negara seperti China, Korea, Jepang serta negara-negara lainnya. Dengan posisi ini, peran dan kapasitas Pelabuhan Bitung bisa ditingkatkan.

"Kami tahu semangat pak Gubernur Sulut sangat kencang, karena itu permintaan sumber daya manusia, eselonisasi, akan kami bahas," ujar politisi dari PDI Perjuangan ini.

Selain mengunjungi Kantor UPT Badan Karantina Pertanian di Manado, Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Bitung, Komisi IV DPR-RI juga melihat langsung Kantor Balai Penelitian Tanaman Palma, serta Gudang Bulog Bitung. Kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Perikanan Bitung dan Cagar Alam Tangkoko, Bitung.

Sebelumnya, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementerian Pertanian, Ali Jamil mengatakan, jajarannya butuh penambahan personel maupun peralatan untuk memaksimalkan penguatan tugas perkarantinaan.

“Kebutuhan personil dan peralatan itu termasuk di wilayah kerja Pelabuhan Bitung,” ujarnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut: