Sukses

Gubernur dan Wagub Sumbar Kompak Disuntik Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Padang - Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldy hari ini Senin, 8 Maret 2021 melakukan vaksinasi Covid-19.

Gubernur Sumbar Mahyeldi usai divaksin mengatakan dosis vaksin Covid-19 Sinovac masih belum memenuhi kebutuhan untuk vaksinasi di provinsi ini.

"Kami sudah meminta kepada Menteri Kesehatan untuk penambahan vaksin, agar sasaran vaksinasi lebih luas," ujarnya, Senin (8/3/2021).

Menurutnya, vaksin Covid-19 merupakan solusi untuk menyudahi pandemi ini, sehingga kesehatan, perekonomian, pendidikan, serta semua sektor yang terdampak bisa kembali pulih.

Mahyeldi juga mengimbau masyarakat agar tidak takut untuk vaksinasi Covid-19, sebab pemerintah dan juga MUI sudah menjamin keamanan dan kehalalan vaksin.

"Hari ini saya sudah divaksin dosis pertama bersama wakil gubernur, tidak ada masalah apa-apa setelah disuntik," sebutnya.

Selain gubernur dan wakil gubernur, vaksinasi Covid-19 tersebut juga dilakukan oleh kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Sumbar.

Sebelumnya, sebanyak 99.700 dosis vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Sumbar pada 22 Februari 2021. Vaksinasi tahap II sudah dilakukan awal Maret 2021 ini.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Kasus Corona Sumbar

Hingga Minggu, 7 Maret 2021, sebanyak 29.706 orang di Sumbar dinyatakan terkonfirmasi virus Corona, 28.022 orang di antaranya sudah sembuh.

Sementara, untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia yakni mencapai 654 orang, dan sisanya masih menjalani isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit.

"Positivity rate saat ini 7,56 persen, namun tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Sumbar juga cukup bagus," kata juru bicara satgas Penanganan Corona Sumbar, Jasman.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: