Sukses

Menkes Terharu Lihat Lansia Antusias Ikut Vaksinasi di Unsrat Manado

Liputan6.com, Manado - Ribuan warga lanjut usia (lansia) mengikuti proses vaksinasi Covid-19 di kampus Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Jumat (5/3/2021). Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin didampingi Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene dan Rektor Unsrat Manado Ellen Joan Kumaat memantau pelaksanaan vaksinasi ini.

Sejak pukul 07.00 Wita, warga mulai mendatangi 3 lokasi berbeda yang berada di kampus Unsrat Manado. Para lansia ini secara tertib mengikuti protokol kesehatan yang ada, dengan mengenakan masker serta menjaga jarak. Setelah melalui sejumlah tahapan seperti registrasi dan screening, mereka kemudian divaksinasi.

Menkes bersama Felly dan Ellen serta rombongan memantau pelaksanaan vaksinasi itu. Dia juga berdialog dengan para tenaga vaksinator serta mendengar curhat warga.  

"Saya sangat terharu, banyak lansia yang hadir dan semangat," ujar Budi Gunadi.

Dia mengatakan, warga Manado usia hidupnya panjang hingga usia 70-an. Hal itu sering didengar bahwa orang Manado usianya hingga "kepala 7".

"Saya juga senang, banyak teman lansia yang sehat dan semangat datang untuk ikut vaksinasi," ujarnya.

Menkes menjelaskan, proses vaksinasi tahap pertama telah dilakukan untuk tenaga kesehatan karena setiap hari mereka bertemu dengan pasien, termasuk pasian Covid-19. Sehingga tenaga medis memiliki resiko terpapar tinggi.

"Tahap kedua yang kita sasar adalah lansia. Karena dari 100 lansia yang terpapar, lebih dari 50 fatal dan bisa meninggal," ujarnya.

Selanjutnya, tahap berikut adalah tenaga publik atau orang yang pekerjaannya sehari-hari bertemu banyak orang. Termasuk wartawan yang bertemu banyak orang, bahkan berada di kerumunan.

"Terima kasih untuk Ibu Rektor Unsrat yang sudah menyiapkan lokasi proses vaksinasi massal ini," ujar Budi Gunadi.

Terkait pelaksanaan vaksinasi massal di Unsrat, Ellen mengatakan, kegiatan itu sudah tiga kali dilaksanakan di kampus. Dia bersyukur proses vaksinasi bisa berjalan dengan baik.

"Setelah lansia, saya berharap seluruh dosen Unsrat Manado sudah divaksinasi, karena mahasiswa sudah akan kuliah offline," ujar Ellen.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: