Sukses

Cepat Deteksi Covid-19 di Sulut, RS Bhayangkara Manado Punya Laboratorium PCR

Kapolda mengatakan, dengan diresmikannya Laboratorium PCR ini, akan membantu mendeteksi Covid-19 sehingga dapat diambil langkah-langkah untuk pencegahan dan pengendalian potensi penularan Covid-19 di Sulut.

Liputan6.com, Manado - Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra meresmikan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Tingkat III Manado, Selasa (23/2/2021).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sulut, didampingi Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang J MARS, Karumkit Bhayangkara Tingkat III Manado AKBP dr M Faizal Zulkarnaen Sp KF serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Usai penandatangan prasasti, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peninjauan ruangan Laboratorium PCR.

Kapolda mengatakan, dengan diresmikannya Laboratorium PCR ini, akan membantu mendeteksi Covid-19 sehingga dapat diambil langkah-langkah untuk pencegahan dan pengendalian potensi penularan Covid-19 di Sulut.

"Peresmian ini menandakan bahwa Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado ini memiliki fasilitas pemeriksaan PCR, ini bagian dari upaya men-tracing pandemi Covid-19 yang dialami oleh masyarakat," ujar Panca Putra.

Laboratorium ini juga tidak hanya untuk anggota Polri, tetapi juga dibuka untuk masyarakat umum. Karena merupakan bagian dari tanggung jawab Polri kepada masyarakat.

"Ini dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar mantan Direktur Penyidikan KPK ini.

Laboratorium itu setiap harinya bisa melayani pemeriksaan PCR hingga 96 sampel, yang memakan waktu 6 jam hingga hasilnya keluar.

Kapolda Sulut mengatakan, peresmian Laboratorium PCR itu juga merupakan salah satu penjabaran Program Prioritas Kapolri dalam 100 hari, yaitu pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, yang presisi atau prediktif, responsibiltas, dan transparansi berkeadilan.

"Saya berharap personel Polri dan masyarakat umum di Sulut dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.