Sukses

Itadakimasu, Warga Jepang Bisa Menikmati Jengkol dari Ranah Minang

Jengkol dari Ranah Minang ramaikan pasar ekspor, salah satunya ke Jepang.

Liputan6.com, Padang - Jengkol dari Sumatera Barat menembus pasar ekspor pada 2021 ini. Setidaknya 100 kilogram komoditas itu telah diekspor ke Jepang.

Jengkol yang diekspor adalah yang belum diolah atau masih dengan kulitnya, yang kemudian dapat digunakan untuk bahan masakan.

"Ini merupakan langkah awal untuk menambah jenis komoditas ekspor di Ranah Minang," Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang Iswan Haryanto mengatakan, Jumat (19/2/2021).

Ia menyebut peluang komoditas pertanian asal Sumbar di pasar luar negeri terus terbuka, menyusul banyaknya komoditas pertanian Sumbar berhasil melenggang di pasar mancanegara.

Untuk jengkol yang diekspor, lanjutnya tentu melewati proses terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan kesehatan komoditas bernama latin Archidendron Pauciflorum itu.

"Sertifikat kesehatan karantina tumbuhan diterbitkan guna menjamin produk telah memenuhi persyaratan negara tujuan," ujarnya.

Iswan mengatakan, data pada sistem perkarantinaan IQFAST di wilayah kerjanya, jengkol asal Sumbar belum pernah masuk pasar ekspor.

Namun, pada bulan kedua 2021, tercatat sebanyak 100 kilogram jengkol tujuan Tokyo, Jepang telah melewati sertifikasi karantina pertanian.

Ia berharap petani, pelaku usaha, dan masyarakat dapat lebih termotivasi untuk terus produktif di bidang pertanian.

"Kalau pasar ekspor sudah terbuka, maka otomatis akan turut menggerakkan ekonomi masyarakat," ia menambahkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.