Sukses

BNPB Kirim Fleksibel Tank untuk Padamkan Kebakaran Hutan di Sikka NTT

Liputan6.com, Sikka Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirim 1 unit fleksibel tank untuk mengatasi kekeringan dan kebakaran hutan yang terjadi di Kabupaten Sikka.

Fleksibel tank dengan kapasitas tampung 5.000 galon. Ini merupakan bantuan BNPB yang disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantauan Liputan6.com, helikopter dengan nomor seri RA-24699 milik BNPB Pusat mendarat tepat pukul 11.30 Wita di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Kamis (18/2)2021).

Aparat TNI dan Polisi bersiaga di sekitar Lapangan Umum Kota Baru dan mengundang masyarakat lain untuk melihat. Dua mobil patroli Polres Sikka berjaga selama helikopter mendarat sambil berkeliling dan mengimbau masyarakat agar tidak berkerumun untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Huraluis Raja Pone, Staf BPBD Provinsi NTT mengatakan saat ini BPBD Provinsi NTT mengirimkan satu unit fleksibel tank dengan kapasitas penampungan air sebanyak 5.000 galon. Ia mengakatan fleksibel tank, berfungsi mengatasi bahaya kebakaran hutan saat musim kering.

"Selain Kabupaten Sikka, BPBD Provinsi NTT juga akan mengirimkan satu tank fleksibel untuk Kabupaten Ende," sebutnya.

 

2 dari 3 halaman

Heli untuk Atasi Dampak Kekeringan

Untuk mempercepat akses transportasi. BPBD Provinsi NTT menggunakan helikopter milik BNPB mendiristribusikan bantuan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, M Daeng Bakir mengatakan helikopter BNPB ke Maumere untuk mengantar fleksibel tank kapasitas 5.000 galon atau 18.927 liter.

“Helikopter BNPB datang antar bantuan fleksibel tank 5.000 galon, atau 18.927 liter,” katanya.

Ia menjelaskan bantuan 1 unit fleksibel tank itu dari BNPB pusat untuk Kabupaten Sikka, sebagai tempat penampungan air untuk pemadam kebakaran, seperti kebakaran hutan atau lahan gambut.

“Fleksibel tank ini sangat simpel dan gampang dibawa ke lokasi kebakaran untuk tampung air,” sebutnya.

Selain itu, fleksibel tank juga dilengkapi semacam ransel yang bisa diisi air dan gampang dibawa saat petugas pemadam melaksanakan tugas pemadaman api di lokasi yang sulit dijangkau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com menyebutkan, helikopter milik BNPB, selain mengantar satu unit fleksibel tank untuk BPBD Kabupaten Sikka di Maumere, akan melanjutkan penerbangan menuju Kabupaten Ende dengan tujuan yang sama.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: