Sukses

Sensasi Asam-Manis Rujak Bakso 'Balarea' Garut, Mau Coba ?

Liputan6.com, Garut - Bagi Anda, bakso mania yang tengah jalan-jalan di Garut, Jawa Barat, tak ada salahnya mencoba sensasi kuliner 'Rujak Bakso Balarea' yang satu ini.

Jika menu rujak biasanya menggunakan bahan buah-buahan muda nan segar sebagai pendamping ulekannya, rujak satu ini beda. Rujak ini menggunakan bakso, tauge dan mie sebagai panganan pelengkapnya.

Tidak hanya itu, biasanya bakso memiliki kuah yang berasal dari campuran bumbu bakso plus penyedap rasa nan gurih. Sedangkan rujak bakso justru sebaliknya menggunakan kuah dengan bahan utama gula merah, asam jawa, cabe keriting dan bahan rempah lainnya.

“Ada sensasi tersendiri karena kuahnya berbeda,” ujar Hermawan atau biasa dipanggil Angki, selaku salah adu pengelola Kedai Balarea, dalam obrolan hangatnya dengan Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Angki, menu rujak bakso sengaja dihadirkan untuk memberikan warna dan sensasi berbeda, saat menyantap makanan dengan bahan dasar daging sapi tersebut.

“Rujak bakso dilengkapi mie dan tauge sama seperti mie bakso yang lainnya,” kata dia.

Selain rasanya yang berbeda, kehadiran bakso rujak terbilang baru dibanding menu kuah gurih pedas bakso pada umumnya. “Memang bagi yang belum terbiasa agak aneh, namun bagi penyuka rujak, bakso rujak memberikan sensasi berbeda,” kata dia.

Angki menyatakan bahan utama rujak bakso tidak ada yang berbeda dibanding menu bakso lainnya, daging sapi plus mie dan tauge menjadi menu utama dalam panganan satu ini. Dan tentu saus dan cabai siap melengkapi menu pedas Anda.

“Bedanya kalau rujak biasa isinya buah-buahan segar, kalau ini bakso plus mie dan taugenya,” kata dia.

Namun demikian, bagi sebagian warga yang doyan rujak, menikmati rujak bakso adalah bisa menjadi pengalaman mengasikan bagi perut Anda. “Harganya pun cukup terjangkau,” kata dia.

Dan benar saja, saat Liputan6.com mencoba menu rujak bakso congcot piramida, menu utama bakso tidak bisa dihilangkan. Meskipun bentuknya menyerupai limas piramida, namun bakso kenyal isi daging sapi plus telur puluh langsung terasa saat pertama kali menyantap.

Bedanya, jika biasanya menggunakan kuah gurih, rujak bakso menggunakan kuah rujak dengan rasa asam-manis dan pedas. Mantap dan cukup terasa pedasnya di lidah.

Selain menu congcot piramida, terdapat pula rujak bakso menu sapi mutilasi, urat rangkadak, urat kawat spesial, rujak baso new normal psbb, urat rancunit, tusuk jelangkung, sampeyan hayam.

 

2 dari 3 halaman

Karaoke Gratis

Selama menikmati sajian menu rujak bakso, tak afdol rasanya jika selama Anda berada di kedai resto Balarea tidak menyalurkan bakat olah suara di sana.

Untuk menambah keceriaan pengunjung selama nongkrong di sana, pihak pengelola sengaja menyediakan fasilitas karaoke secara gratis.

Para pengunjung yang tengah menikmati sajian kuliner itu, dengan senang hati tinggal memilih menu lagu yang telah disediakan.

“Asal berani silahkan sebab kami sediakan dengan gratis,” ujar Angki sembari mengajak para pengunjung.

Menurutnya, kehadiran perangkat live song tersebut memberikan hiburan tersendiri bagi pengunjung selama berada di sana. “Banyak cara mengekpresikan diri, salah satunya dengan bernyanyi,” ujar dia bangga.

Tak mengherankan sejak pertama kali beroperasi, fasilitas karaoke gratis itu kerap menjadi pilihan pengunjung. Tua muda bahkan anak remaja dengan suara pas-pasan, terkadang adu nyali untuk menyanyi di hadapan pengunjung lainnya.

“Enjoy saja, kan ini mah hanya hiburan,” ujar Devi, salah satu pengunjung dengan riang.

Bagi pengunjung remaja putri tersebut, keberadaan fasilitas karaoke gratis bisa menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung yang datang.

“Kan tidak semua yang datang itu makan bakso semua, kadang ada yang hanya pesan minumannya, terus bisa nyanyi juga,” ujarnya dengan gembira.

Untuk itu, bagi Anda yang tengah berlibur saat pandemi Covid-19 tak ada salahnya mampir ke Kedai ‘Resto Balarea, Bakso, Rujak, Juice, Cofee, Boba’ yang berada di Jalan Raya Kamojang, depan Perum Mulyasari, Sukarasa, Kecamatan Samarang, Garut ini.

Selain suasananya yang asri, suguhan ragam menu dan fasilitas karaoke gratis bakal memanjakan selama Anda di sana. Jangan lupa patuhi protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan Covid-19 selama di sana. Selamat menikmati.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: