Sukses

Ledakan Gas di PT OSS Konawe, WNA China Hangus Terbakar

Ledakan gas di smelter PT OSS Konawe, dua orang TKA China terbakar dan salah satunya tewas di lokasi kejadian.

Liputan6.com, Kendari - Ledakan besar terjadi di PT OSS (Obsidian Stainless Steel) Konawe, Selasa (29/12/2020) sekitar pukul 08.30 Wita. Lokasinya berada di sekitar area smelter nikel tahap II reparasi gas.

Akibat ledakan ini, dua orang TKA China jadi korban. Salah satunya, tewas terpanggang di lokasi kejadian akibat mengalami luka bakar 100 persen.

Kedua korban yakni, Wu Ciu He (52), tewas di tempat kejadian. Sedangkan, korban luka bakar bernama Li Xiang Yu (50). Li Xiang Yu mengalami luka bakar 70 persen.

Dari keterangan saksi mata di dekat lokasi kejadian, Egen, peristiwa ini berlangsung cepat. Saat itu, ada suara ledakan lalu salah seorang pekerja asal China berlari keluar dengan api yang menyala-nyala di tubuhnya.

"Ternyata, masih ada satu orang lagi di dalam lokasi, itu yang meninggal," ujar Egen.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Ferry Walintukan saat dikonfirmasi menyatakan, kedua korban merupakan buruh PT OSS. Saat tengah mengelas besi dan menggurinda tembok di dalam lokasi smelter, tiba-tiba, percikan bunga api dari las mengenai pipa gas di dalam lokasi smelter.

"Itu yang memicu terjadinya ledakan dan kebakaran," ujar Ferry Walintukan.

Namun, informasi lainnya, ada yang menyebutkan TKA China ini tergelincir saat bekerja. Peristiwa ini memicu ledakan di lokasi pabrik. Terkait hal ini, belum ada informasi resmi dari pihak perusahaan.

Menurut keterangan HOD Safety PT OSS Mr Tu Wen, korban meninggal dunia sudah dibawa ke RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Sedangkan, korban luka bakar dirawat di RS Hermina Kendari.

Pihak OSS melalui Polda Sultra menambahkan, korban meninggal dunia, Wu Ciu He (52), sudah dibawa pihak keluarga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan sekitar pukul 17.30 Wita. Di sana, jenazahnya akan dikremasi.

Terkait ledakan di PT OSS di Konawe, polisi sempat tidak memberikan klarifikasi karena kekurangan informasi. Pihak perusahaan, tertutup saat berusaha dikonfirmasi wartawan terkait kejadian ini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terekam Menyelamatkan Diri

Seorang TKA China yang mengalami luka bakar, sempat terekam video amatir menyelamatkan diri di lokasi pabrik. Korban terkihat berlari dengan kondisi nyaris telanjang dengan pakaian robek terbakar.

Korban diketahui bernama Li Xiang Yu (50). Dalam video berdurasi 15 detik, korban terlihat meringis menahan sakit akibat luka bakar.

Tampak, seorang rekannya yang juga pekerja yang berada di sekitar lokasi berusaha membantu korban. Dia terlihat melepas baju seragamnya usai membantu korban.

Ledakan dalam lokasi smelter pabrik PT OSS sempat menimbulkan nyala api hingga setinggi belasan meter. Puluhan pekerja berusaha memadamkan api yang membakar dengan cepat. Pihak perusahaan yang berusaha dikonfirmasi, tidak mengangkat telepon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.