Sukses

Makna Hari Pahlawan di Makassar Jadi Energi Tambahan Hadapi Pandemi Covid-19

Meski jumlah peserta upacara dibatasi karena pandemi Covid-19, hal itu tidak mengurangi esensi peringatan Hari Pahlawan.

Liputan6.com, Makassar - Ada yang berbeda dalam kegiatan memperingati Hari Pahlawan tahun ini oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Upacara rutin yang sering dilakukan di Halaman Balai Kota Makassar itu tampak hanya diikuti oleh peserta yang jumlahnya terbatas dan juga diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan berhubung situasi masih dalam masa pandemi covid-19.

Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin selaku pembina upacara pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2020 itu berharap peringatan Hari Pahlawan di tengah masa pandemi covid-19 ini tak kehilangan makna. Namun dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua elemen bangsa sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 ini yakni ”Pahlawanku Sepanjang Masa".

Apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. 

"Mari kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia," ucap Rudy, Selasa 10 November 2020.

Dahulu, kata dia, para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid-19 yang saat ini melanda dunia.

Ia mengajak agar seluruh elemen bangsa menunjukkan kontribusinya kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain. 

"Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia," terang Rudy.

Tampak dalam upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Halaman Balai Kota Makassar turut hadir kepala SKPD lingkup Pemkot Makassar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah diantaranya Kapolretabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip laksana, Kepala Kejari Makassar Andi Sundari, Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M. Kadarislam Kasim serta beberapa tamu undangan lainnya. (Eka Hakim)

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.