Sukses

Wagub Pastikan Vaksinasi Covid-19 di Banten Dimulai Desember

Liputan6.com, Serang - Vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi masyarakat Banten bakal digelar Desember 2020 hingga awal Januari 2021. Saat ini, Pemprov Banten tengah mematangkan persiapannya, seperti pembuatan micro planning dengan dinkes di 8 kabupaten dan kota.

"Insha Allah, bulan depan, bulan Desember, Banten sudah bisa melakukan vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama semoga bisa dilakukan bulan Desember 2020 hingga Januari 2021," kata Wagub Banten, Andhika Hazrumy, dalam keterangan resminya, Selasa (03/11/2020).

Andhika menjelaskan, Dinkes Banten sudah mensosialisasikan dan menyusun micro planning dengan dinkes kabupaten dan kota pada 26-27 Oktober kemarin. Kemudian mereka harus menyerahkan micro planningnya tanggal 11 November 2020.

Selanjutnya rekapitulasi dan validasi data micro planning dilakukan tanggal 12-16 November. Data tersebut diberikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tanggal 17 November 2020.

Nantinya Banten akan mendapatkan vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat pada awal bulan Desember. Selanjutnya didistribusikan ke 8 kabupaten dan kota.

Vaksinasi Covid-19 nantinya dilakukan di fasilitas kesehatan milik pemerintah atau swasta, puskesmas, hingga rumah sakit. Sebelum seseorang divaksinasi, akan dilakukan screening atau pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

"Tentu saja menerapkan protokol kesehatan dan mengoptimalkan kegiatan surveilans Covid-19, termasuk pelaporan secara berjenjang," katanya.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: