Sukses

Volume Kendaraan Saat Arus Mudik Libur Panjang di Cipali Naik 50 Persen

Liputan6.com, Cirebon - Pengelola Tol Cipali memprediksi volume kendaraan yang melintas meningkat memasuki Libur Panjang Maulid Nabi dan Cuti Bersama.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, malam ini diprediksi sebagai puncak arus mudik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kami akan meningkatkan keamanan selama 24 jam sampai dengan 1 November 2020 atau arus balik libur panjang," kata dia, Selasa (27/10/2020).

Dia menyebutkan, lalu lintas pada libur panjang kali ini diprediksi mengalami peningkatan dari rata-rata harian di gerbang Tol Palimanan. Selama tujuh hari ke depan volume kendaraan diprediksi mencapai 47 ribu kendaraan per hari atau naik sekitar 48 persen dari 31 ribu kendaraan.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, pengelola Tol Cipali menyiapkan peningkatan layanan di segala sisi. Dia menyebutkan, 30 gardu akan dioperasikan semua.

"Selain gardu tol di exit Palimanan kami juga menambahkan mobile reader sebanyak 15 unit," kata dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, Tol Cipali melakukan manajemen lalu lintas koordinasi dari kepolisian, seperti memasang Media Water Barrier (MWB), dan Rubber Cone di depan tempat istirahat dan pelayanan.

Apabila pengunjung di tempat istirahat pekayanan sudah melebihi kapasitas hingga terjadi kemacetan. Maka, pengguna jalan disarankan untuk beristirahat di tempat istirahat pelayanan berikutnya sepanjang Tol Cipali.

2 dari 3 halaman

Jaga Jarak

"Atau bisa keluar di gerbang tol terdekat untuk istirahat," ujar dia.

Jalan Tol Cipali merupakan rute strategis bagi para pengguna jalan yang akan berlibur ke wilayah Cirebon dan Jawa Tengah serta sekitarnya karena dapat memperpendek jarak Cikampek -Cirebon sepanjang 40 Km dibandingkan dengan rute Pantura.

Di tengah tatanan kehidupan baru ini ASTRA Tol Cipali selalu mematuhi peraturan pemerintah. Dia mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap menggunakan masker serta menjaga jarak.

"Minimal 1 meter saat sedang berada di public area atau lokasi TIP yang tersebar di delapan titik di Ruas Tol Cipali," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: