Sukses

PTPN V Bantu Pemprov Riau Capai Target 5 Juta Masker Cegah Covid-19

Liputan6.com, Pekanbaru - Keterlibatan perusahaan memutus rantai penyebaran Covid-19 terus ditunggu Gubernur Riau Syamsuar. Sejumlah korporasi sudah berpartisipasi, salah satunya PT Perkebunan Nusantara V, baik itu berbentuk uang ataupun masker hingga Alat Pelindung Diri (APD) medis.

Sejauh ini, PTPN V sudah menyalurkan 40 ribu masker dari target 50 ribu masker yang direncanakan. Jumlah itu termasuk 15 ribu masker yang diserahkan langsung kepada Syamsuar di rumah dinasnya, Rabu siang, 14 Oktober 2020.

CEO PTPN V Jatmiko K Santosa mengatakan, bantuan ini sebagai dukungan percepatan program 5 juta masker Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Ini juga komitmen perusahaan menekan dan memutus penyebaran Covid-19 di Riau.

"PTPN V yang merupakan bagian Satgas BUMN Penanganan Covid-19 di Riau sudah menyalurkan 40.000 masker, penyaluran nya secara bertahap," kata Jatmiko.

Selain masker, perusahaan perkebunan sawit dan karet ini juga telah menyalurkan ratusan APD medis untuk tenaga medis. Begitu juga ribuan paket sembako kepada masyarakat.

Sejauh ini, sambung Jatmiko, PTPN V telah mengeluarkan Rp6,2 miliar untuk memutus penyebaran Covid-19 di Riau. Rp3,8 miliar dipergunakan untuk pencegahan dan penanganan internal perusahaan dan Rp2,4 miliar untuk masyarakat dan Pemprov Riau.

"Selain itu juga dialokasikan CSR kepada masyarakat di sekitar unit usaha untuk membantu yang terdampak ekonomi akibat pandemi ini, semoga pandemi ini segera berakhir," terang Jatmiko.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Penghargaan dari Pemprov Riau

Bantuan tersebut membuat Pemprov Riau melalui Satgas Penanganan Covid-19 memberikan penghargaan kepada PTPN V. Jatmiko mengucapkan terima kasih atas penghargaan itu.

Jatmiko menerangkan, Pemprov Riau selama ini selalu memfasilitasi perusahaan untuk bersinergi mencegah dan menanggulangi Covid 19. Sinergi ini diharap berkelanjutan karena pandemi hanya bisa ditanggulangi dengan melibatkan semua pihak.

"Termasuk bersama-sama meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan di lingkungan kerja masing-masing, sehingga penyebaran pandemi ini dapat segera diputus," harap Jatmiko.

Sementara itu, Syamsuar mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PTPN V atas bantuan masker tersebut. Dia menyebut akan mendistribusikan ke pemerintah kabupaten ataupun kota, selanjutnya diserahkan kepada masyarakat.

Syamsuar juga meminta perusahaan perkebunan menyosialisasikan aturan protokol kesehatan revisi kelima yang dikeluarkan Menteri Kesehatan. Aturan itu mencakup petunjuk bahwa masyarakat harus terbebas dari ketakutan berlebihan akibat Covid-19.

"Takut berlebihan bisa menurunkan imun, sebab di dalam jiwa yang sehat terdapat imun yang kuat," ujarnya.

Sebagai informasi, sejauh ini PTPN V sudah menyalurkan 450 APD medis untuk petugas kesehatan, hingga 1.300 paket sembako bagi masyarakat.

PTPN V juga telah menyerahkan 7.000 paket sembako secara serentak kepada masyarakat di enam wilayah kerja. Enam wilayah itu adalah Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, dan Indragiri Hulu.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini: