Sukses

Berstatus Orang Tanpa Gejala, Bupati Serdang Bedagai Soekirman Terkonfirmasi Positif Covid-19

Liputan6.com, Serdang Bedagai Kabar Kepala Daerah terkonfirmasi positif Virus Corona Covid-19 datang dari Sumatera Utara (Sumut). Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kabar tersebut disampaikan langsung Soekirman melalui video yang diunggah di akun media sosial Instagram dengan nama akun @soekirmansergai. Saat ini Soekirman sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit.

"Inilah yang disebut dengan OTG. Suhu badan saya tetap 36,4 derajat. Tidak ada gejala demam, batuk atau flu. Tapi, laboratorium swab PCR, ternyata disimpulkan terinfeksi Covid-19," ucap Soekirman dalam video singkat yang diunggah Selasa, 15 September 2020.

Diungkapkan Soekirman, begitu mengetahui hasil swab positif, dirinya langsung bergegas melakukan isolasi. Dia pergi ke salah satu rumah sakit di Sumut. Diungkapkannya, saat ini kondisinya dalam keadaan baik.

Dalam video di media sosial itu, Soekirman mengimbau masyarakat Serdang Bedagai khususnya, dan Sumut umumnya, untuk meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat diimbau tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengonsumsi makanan sehat.

"Dalam situasi seperti ini, lebih bagus kita beranggapan semua orang sudah positif. Agar kita hati-hati dan waspada," sebutnya.

 

2 dari 4 halaman

Minta Jangan Dihubungi

Di akhir video, mantan aktifis Bitra tersebut juga meminta masyarakat atau kerabatnya untuk tidak menghubunginya terlebih dahulu. Soekirman ingin masa isolasinya dimaksimalkan untuk penyembuhan.

"Tidak usah WA, SMS, atau menelepon saya dulu. Saya membutuhkan istirahat. Mohon doanya, mudah-mudahan kita bisa bekerja kembali seperti biasa," ucapnya.

Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai telah mendapat kabar terkait Soekirman terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam beberapa waktu terakhir, Soekirman masih melakukan kerja-kerjanya sebagai bupati.

Dia sempat meninjau Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019, di Kantor Regional (Kanreg) VI BKN Medan, Provinsi Sumut, Senin, 14 September 2020.

3 dari 4 halaman

Aktivitas Soekirman

Sebelumnya, Soekirman juga sempat bolak-balik ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Serdang Bedagai untuk melakukan pendafataran sebagai Bakal Calon Bupati pada Pilkada Desember 2020 mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Serdang bedagai, Akmal menyebut, pihaknya segera melakukan pelacakan kontak erat di jajaran Pemkab. Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19.

"Hasil tracing akan diketahui siapa-siapa saja yang kontak erat. Nanti diambil tindakan medis, apakah harus di swab, untuk memastikan yang bersangkutan terkonfirmasi atau tidak," Akmal menandaskan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: