Sukses

Rekannya Positif Covid-19, 40 Tenaga Medis di RSUD Kalabahi NTT Dikarantina

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyebutkan 40 tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Umum (RSUD) Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT, menjalani karantina mandiri karena sempat kontak erat dengan seorang petugas medis yang terkonfirmasi positif COVID-19

Liputan6.com, Kalabahi - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan 40 tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Umum (RSUD) Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, menjalani karantina mandiri karena sempat kontak erat dengan seorang petugas medis yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Pelaksana Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Alor, Fredy I Lahal mengatakan, 40 tenaga medis yang sempat melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu telah menjalani pemeriksaan uji seka.

"Pengambilan swab sudah dilakukan pada Sabtu (29/8/2020). Kami masih menunggu hasil pemeriksanya dari Kupang. Kami berharap semuanya negatif," katanya kepada wartawan, Kamis (3/9/2020).

Ia menjelaskan, 40 petugas medis di Kabupaten Alor itu memilih untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Ia mengatakan pelayanan medis bagi pasien yang melakukan rawat jalan maupun rawat inap di RSUD Kalabahi tetap berlangsung, kendati ada 40 orang tenaga medis sedang menjalani karantina mandiri.

Selain melakukan kontak erat dengan 40 orang tenaga medis, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sempat kontak erat dengan lima orang anggota keluarganya setelah pulang dari Kupang.

"Kelima orang ini juga sudah diambil swabnya oleh petugas medis dan kami masih menunggu hasil pemeriksaan," ujarnya.

Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah menjalani karantina di tempat karantina terpusat yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Alor. Pasien tidak dikarantina di rumah karena dikhawatirkan tetap melakukan kontak erat dengan penghuni rumah lainnya.

Pasien itu sebelumnya melakukan perjalanan ke Kupang pada 1 Agustus 2020 dan kembali ke Alor pada 13 Agustus dengan menumpang kapal cepat Cantika Ekspres.

"Pada 15 Agustus 2020 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 masuk kerja di UGD RSUD Kalabahi, pada saat itu kemungkinan sempat melakukan kontak erat dengan petugas medis setempat," tandasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.