Sukses

Jelang Disuntik Vaksin Covid-19 pada 25 Agustus, Ridwan Kamil Minta Didoakan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah dipastikan menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 fase tiga.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah dipastikan menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 fase tiga. Emil, panggilan Ridwan Kamil, berharap kegiatan penyuntikan vaksin berjalan lancar.

Keikutsertaan Emil dalam uji klinis vaksin Covid-19 tidak sendiri. Diketahui, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Budi Wiryanto juga dinyatakan lolos sebagai relawan uji klinis vaksin.

Dalam laporan terbarunya, Emil menyampaikan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono terkait keikutsertaan dirinya menjadi relawan uji klinis vaksin.

"Seperti saya laporkan tadi ke Pak KSAD, kami bertiga terjadwal di tanggal 25 Agustus. Jadi kami akan menjadi relawan di sana bersama masyarakat dan akan dilakukan penyuntikan vaksin," katanya dalam jumpa pers.

Selain meminta izin, Emil juga meminta doa dari seluruh masyarakat. Mantan Wali Kota Bandung itu berharap jika penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19 di tubuhnya itu berjalan dengan lancar.

"Doakan lancar karena kalau ada reaksi ya kami harus bertanggung jawab dan menjadi kesaksian. Sampai sejauh ini sudah berjalan dan jumlahnya ratusan (disuntik), semuanya lancar," ujarnya.

Untuk diketahui, uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 produksi Sinovac telah dilaksanakan di Kota Bandung pada Selasa (11/8/2020). Pelaksanaan pengujian dilakukan di enam tempat dengan sampel sebanyak 1.620 orang rentang usia antara 18 hingga 59 tahun.

Proses uji klinis vaksin Covid-19 ini akan berjalan selama enam bulan hingga akhir tahun 2020. Jika telah teruji dan mendapat izin edar, vaksin Sinovac akan diproduksi massal di awal 2021.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.