Sukses

Aksi Keren Polantas Pinrang Rayakan HUT ke-75 RI

Aksi itu dilakukan demi membangkitkan kembali rasa nasionalisme warga.

Liputan6.com, Pinrang - Memasang bendera merah putih di halaman rumah sudah menjadi tradisi setiap kali merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Tradisi itu telah dilakukan seluruh warga di penjuru Indonesia setiap tahunnya. 

Namun siapa sangka jika masih ada sejumlah warga kurangnya di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, yang kesulitan untuk membeli bendera. Melihat fenomena itu Satuan Lalu Lintas Polres Pinrang pun berinisiatif melakukan bakti sosial.

Bakti sosial itu yang dilakukan oleh 14 personel Satuan Lalu Lintas Polres Pinrang. Mereka membagikan 47 bendera merah putih dan tiangnya kepada warga kurang mampu. 

"Ini merupakan wujud kepedulian untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme di HUT ke-75 RI ini," kata Kasat Lantas Polres Pinrang, AKP Dharmawaty, Senin (17/8/2020). 

Aksi keren personel polisi ini berlangsung sejak tiga hari lalu. Mereka menyusuri sedikitnya tujuh desa untuk membantu warga tidak mampu itu dan langsung memasangkan bendera beserta tiangnya di halaman rumah mereka. 

Respon beragam pun ditunjukkan oleh warga melihat aksi Polantas Polres Pinrang yang tak biasa ini. Beberapa diantaranya kagum dan bangga, bahkan ada diantaranya yang meneteskan air mata karena merasa terharu.

"Barusan terjadi, ada pejabat tinggi yang membagikan bendera seperti ini," kata Weni, salah seorang warga sambil terharu. 

Simla juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.