Sukses

Gunung Sinabung Kembali Erupsi di Awal Pekan, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5.000 Meter

Liputan6.com, Karo Awal pekan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) dihebohkan dengan erupsi Gunung Sinabung. Masyarakat dihebohkan dengan semburan abu vulkanik Gunung Sinabung setinggi 5.000 meter.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi, dan PVMBG, Armen Putra mengatakan, Sinabung kembali erupsi pada pukul 10.16 WIB.

"Iya, kembali erupsi, tadi," kata Armen, Senin (10/8/2020).

Disebutkan Armen, erupsi Gunung Sinabung meyebabkan kolom abu berwarna cokelat gelap dan mengarah ke timur dan tenggara.

"Warga yang terdampak abu vulkanik kami imbau agar melindungi diri dengan menggunakan masker. Juga kami imbau mengurangi aktivitas di luar rumah," sebutnya.

 

2 dari 3 halaman

Erupsi Ketiga Kali

Erupsi Sinabung kali ini merupakan untuk yang ketiga kalinya dalam kurun waktu 3 hari. Sebelumnya, Sabtu, 8 Agustus 2020, Sinabung erupsi mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter sekitar pukul 01.58 WIB.

Abu vulkanik erupsi Sinabung terdistribusi di beberapa kecamatan di Kabupaten Karo. Pada sore harinya, sekitar pukul 17.18 WIB Sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik sejauh lebih kurang 1.000 meter.

"Hingga hari ini tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III," Armen menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: