Sukses

Pulau Sumba Diguncang 2 Kali Gempa dalam Sehari

Liputan6.com, Sumba - Sebanyak dua kali gempa menguncang Pulau Sumba terjadi, Rabu (5/8/2020) tepatnya di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kejadian gempa pertama terjadi pada pukul 15:27 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 5.5.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,89 LS dan 119,12 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 24 kilometer arah Tenggara Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami. Guncangan akibat gempa tersebut dirasakan di sejumlah wilayah dengan Skala III MMI, yaitu Kota Bima, Tambolaka, Waingapu, dan Waitabula.

Secara ringkas, penjelasan Skala III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

 

2 dari 3 halaman

Gempa Kedua di Pulau Sumba

Kemudian gempa bumi kedua terjadi pada pukul 15:29 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 4.4.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,62 LS dan 119,14 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 kilometer arah Tenggara Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 12 kilometer.

Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami. Sedangkan guncangan akibat gempa tersebut dirasakan di wilayah dalam skala MMI (Skala Mercalli) III, yakni di Waingapu.

Hingga kini belum ada informasi atau laporan terkait dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: