Sukses

Nestapa Pelajar di Rengasdengklok, Jalan Jauh Cari Wifi Gratis Demi Sekolah Daring

Liputan6.com, Karawang - Sebanyak 15 pelajar di Karawang terpaksa harus menempuh jarak sejauh 15 kilometer demi bisa mengakses wifi gratis dan mengikuti sekolah daring.

Rombongan siswa tersebut saat ini tercatat sebagai pelajar di sejumlah sekolah tingkat SMK di Rengasdengklok, Karawang.

Demi mendapat akses internet, dari Rengasdengklok biasanya menggunakan Wifi yang ada di pusat Kota Karawang. Salah satunya yang terpasang di Taman I Love Karawang.

Guru SMKN 3 Rengasdengklok, Asep Saepuloh mengatakan, ke-15 siswa yang ikut sistem pembelajaran daring serta mencari koneksi internet gratis, rata-rata berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka terpaksa melakukan perjalanan jarak jauh itu lantaran tak mampu membeli kuota internet.

"Siswa ini semuanya dari keluarga kurang mampu," kata Asep, Rabu (5/8/2020).

Salah seorang siswa SMK Tunas Utama Kelas XI, Hilda Hasanah mengatakan, dirinya terpaksa ikut belajar di tempat terbuka yang ada wifi gratis bersama yang siswa lain yang kondisi ekonomi sama kurang beruntung karena keterbatasan ekonomi.

"Bersama teman siswa yang lain terpaksa mencari wifi gratis dengan menempuh jarak 15 kilometer dari rumah," kata Hilda.

Dia mengungkapkan, agar tetap bisa mengikuti pelajaran sekolah, terpaksa berkumpul di tempat-tempat yang menyediakan akses internet melalui wifi gratis.

"Terpaksa berkelompok, kalau nggak ya gimana juga. Soalnya tidak ada kuota," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: