Sukses

Penampakan Sapi Jumbo Presiden Jokowi untuk Warga Purbalingga

Liputan6.com, Purbalingga - Hari raya Idul kurban mengajarkan umat Islam untuk berbagi dengan yang membutuhkan. Misi sosial ritual keagamaan inilah yang kini dirasakan masyarakat Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga.

Desa terjauh dari pusat kota ini mendapat hewan kurban Presiden Joko Widodo yang disalurkan melalui pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jumat (31/7).

Desa Sirau menerima sekor sapi jumbo jenis simental cross seberat kurang lebih 1 ton. Sirau dipilih sebagai penerima hewan kurban dari presiden karena masuk kategori desa zona merah karena memiliki angka kemiskinan tinggi.

“Sirau termasuk daerah terpelosok jauh dari kota dan di sini kemiskinan tinggi dan tentunya banyak juga yang terdampak Covid-19," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Di Jawa Tengah ada 14 kabupaten yang dengan angka kemiskinan terbilang tinggi. Satu di antaranya Purbalingga.

Pemprov kemudian berkoordinasi dengan pemkab Purbalingga untuk menentukan desa mana yang paling membutuhkan. Dipilihlah Desa Sirau.

"Desa penerima bantuan sapi dari presiden diprioritaskan untuk desa yang kategori sangat membutuhkan," ujar Kepala Biro Kesra Provinsi Jawa Tengah, Imam Maskur.

 

2 dari 3 halaman

20 Ekor Sapi di 18 Kecamatan di Purbalingga

Sapi diserahkan usai salat Iduladha di halaman Balai Desa Sirau. Salat Iduladha diimami KH Nurcholis Masrur dan bertindak sebagai khatib  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Purbalingga, KH Roghib Abdurrahman.

Dalam kutbahnya, Roghib menyampaikan hari raya sejatinya bukan hari kegembiraan sebagian orang akan tetapi seluruh umat.

“Zakat fitrah yang mengiringi Idulfitri dan kurban yang mengiringi Iduladha adalah bukti bahwa Islam menggariskan hari raya untuk  kegembiraan bersama,” katanya

Pada Iduladha, orang yang mampu berkurban sapi atau kambing. Daging dari hewan kurban dibagikan kepada yang tidak mampu, yang bisa jadi hanya makan daging setahun sekali.

“Kita hadirkan dalam hati bahwa pada saat kita membantu orang-orang yang membutuhkan dan mendoakan, pada hakikatnya kita sedang berbuat baik kepada diri kita sendiri,” tuturnya.

Selain penyerahan hawan kurban dari presiden, pada Iduladha kali ini Pemkab Purbalingga juga menyalurkan bantuan akses pangan hewan kurban sebanyak 20 ekor sapi yang didistribusikan ke 18 kecamatan dalam dua hari.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: