Sukses

Aksi TNI AD Peringati Hari Anak Nasional ini Bikin Haru

Dalam rangka hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, Kodim Bangli memberikan hadiah ratusan pasang sepatu untuk anak-anak di wilayah Kabupaten Bangli.

Liputan6.com, Denpasar - Direktur Sistem dan Metode Pusat Teritorial Angkatan Darat (Dirsismet Pusterad), Brigjen TNI Achmad Said memotivasi semangat belajar para pelajar SDN 2 Batur Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli dengan membagikan 100 pasang sepatu. Hal itu dilakukan bertepatan dengan hari anak nasional di sela kunjungannya ke Kodim 1626/Bangli dalam rangka sosialisasi bakti TNI atau binter.

Pembagian sepatu baru bagi siswa-siswi anak alam itu disaksikan Komandan Kodim Bangli Letkol Inf Teddy Himawan Laksono atau yang karib disapa Letkol HTL di sekolah setempat, Kamis (23/7/2020).

Secara simbolis, Said menyerahkan langsung sepatu baru kepada beberapa perwakilan siswa sebagai bentuk perhatian TNI pada hari anak nasional untuk langsung dipergunakan mereka bersekolah.

Said mengaku, kedatangannya untuk melihat langsung kondisi para pelajar SD saat bersekolah. Dia merasa senang karena melihat pandangan dan semangat terpancar pada wajah-wajah mereka.

"Jangan takut bermimpi menjadi jagoan dan jangan takut bermimpi menjadi juara dan jangan takut bermimpi jadi orang suskses," pesannya kepada puluhan siswa.

Saat memompa semangat anak-anak SD, Said bercerita jika Presiden Joko Widodo dan para pemimpin dunia juga semasa kecil, menjalani pendidikan sekolah dasar seperti yang kini dijalani mereka. Untuk itu, Said meminta para pelajar terus belajar dan belajar.

Harapannya, apa yang diberikan Kodim Bangli ini, bisa sedikit meringankan beban orangtua khususnya untuk kebutuhan sekolah anak.

"Bantuan ini semampu yang kita bisa, ini juga perwujudan dari bimbingan teritorial (Binter) supaya anak-anak semakin tambah rajin, tidak seberapa, jangan dilihat nilainya," ujarnya.

Tentu saja, bantuan tersebut tidak lain untuk memompa semangat bersekolah agar mereka tetap rajin belajar.

"Ini untuk memompa semangat, supaya mereka dalam keterbatasan mampu melahirkan prestasi-prestasi yang unggul," harapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 1000 Sepatu

Dalam kesempatan sama, Dandim1626/Bangli Letkol HTL menjelaskan, kedatangan Brigjen Said untuk memberikan asistensi di jajaran Kodim dan salah satunya melihat dari dekat pendidikan SD di Bangli, di mana menjadi wilayah binaan Kodim Bangli. Selain itu, asistensi ini untuk menyosialisasikan bhakti Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sosialisasi itu menyasar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), tokoh masyarakat, tokoh adat termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

"Kemudian dimasa pandemi COVID-19 ini fungsi militer juga disampaikan, terutama kita melaksanakan adanya pendisiplinan protokol kesehatan. Disini kita melaksanakan bersama-sama dengan stakeholder yang lain," ucap Letkol HTL.

"Babinsa menyampaikan ke masyarakat agar disiplin memakai masker, disiplin untuk selalu menjaga jarak, disiplin untuk selalu mencuci tangan. Dan disiplin untuk wajib selalu menjaga kondisi tubuh dan mengkonsumsi nutrisi yang sehat agar badan bugar," katanya Letkol.

Selain itu, Dirsismet Pusterad Brigjen TNI Achmad Said juga meninjau siswa sekolah alam. Siswa sekolah alam merupakan salah satu binaan Kodim Bangli.

"Sekolah alam adalah binaan Kodim Bangli dan kami punya program kegiatan 1000 sepatu untuk Bali. Di mana mereka sangat membutuhkan dorongan, semangat, dan motivasi dalam belajar-mengajar. Dimana kita juga memberikan pembelajaran tentang bagaimana karakter, bagaimana mencerdaskan masyarakat, bagaimana melestarikan lingkungan," ujar Letkol HTL.

"Sehingga anak-anak ini mudah menerimanya, bahwa kita dari TNI juga menciptakan dari dini anak-anak ini agar mencintai Tanah Air kita, dan adanya bela negara dan wawasan kebangsaan dalam ideologi Pancasila yang wajib ditanamkan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.