Sukses

Rekor Tertinggi 89 Kasus Positif Baru Covid-19 di Sulut, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Manado - Provinsi Sulut mencatat angka tertinggi penambahan kasus baru positif Covid-19 dalam sehari, yakni sebanyak 89 kasus. Jumlah itu merupakan rekor tertinggi yang terjadi dalam kurun 4 bulan terakhir, sejak kasus positif Covid-19 pertama terkonfirmasi melanda Bumi Nyiur Melambai. 

"Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sepanjang 7 hari terakhir telah keluar hasil Swab dari Laboratorium PCR di luar Provinsi Sulut," ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel, Rabu (8/7/2020).

Kebijakan pengiriman sampel swab ke Laboratorium PCR di luar Provinsi Sulut dilakukan untuk mengatasi gap antara masifnya jumlah sampel yang dikumpulkan oleh jejaring surveilans, dengan kemampuan lab yang ada di Sulut.

"Angkanya rata-rata 400 sampai 600 sampel per hari yang didapat tim surveilens, sementara kemampuan dua Lab PCR di Sulut masih terbatas memeriksa antara 200 sampai 300 sampel per hari," papar Dandel.

Dengan kondisi itu maka sejak pertengahan Juni sampai 7 Juli 2020, sebanyak 3755 sampel telah dikirim ke lab di luar daerah, yakni Lab BTKL PP Makasar, Lab BBLK Jakarta, Lab LBM Eijkman Jakarta, dan Lab Bapelitbangkes Kemenkes RI di Jakarta.

"Dari jumlah total sampel yang dikirim itu, sampel swab yang keluar hasil sebanyak 2322. Perinciannya 1923 hasilnya negatif, dan 393 hasilnya positif," ungkapnya.

Selain itu terdapat 2 sampel yang inconclusive dan 4 sampel invalid. Masih ada sejumlah 1433 sampel yang masih ditunggu hasilnya. Pada Rabu (8/7/2020), sebanyak 90 nama dari 393 hasil positif diumumkan setelah terlebih dulu diverifikasi di lab pemeriksa.

"Tapi 1 kasus ternyata sudah double register. Jadi pertambahan kasus baru di Sulut hari ini adalah 89," ungkapnya.

Selanjutnya untuk 303 sampel dengan hasil positif masih akan dipilah mana kasus lama, artinya kasus positif yang menjalani uji swab kedua dan seterusnya, dan kasus positif yang baru.

"Karena menumpuknya hasil uji swab ini, maka jumlah kasus positif Covid-19 di Sulut dalam beberapa hari ke depan akan meningkat," tandasnya.

Dengan penambahan 89 kasus itu, maka akumulasi kasus positif Covid-19 di Sulut menjadi 1.341 kasus. Sementara itu untuk pasien yang sembuh bertambah 27 orang, sehingga jumlah totalnya menjadi 356 orang. Pasien meninggal dunia bertambah satu kasus menjadi 95 orang.

"Sedangkan untuk pasien aktif Covid-19 atau yang masih dalam pemantauan dan perawatan medis sebanyak 890 orang," ungkap Dandel.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: