Sukses

Senyum Manis Annisa Saat Yudisium Perdana di Masa New Normal Kampus Dehasen

Liputan6.com, Bengkulu - Annisa Rahma Putri melangkah penuh percaya diri saat namanya dipanggil ke mimbar. Mengenakan kebaya merah muda dan kalung samir yang menawan, senyuman manis mahasiswi cantik itu terus mengembang.

Annisa merupakan mahasiswi Program Studi Ilmu Akuntansi Universitas Dehasen Bengkulu, yang mencatatkan diri sebagai lulusan terbaik dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) nyaris sempurna 3,90.

Selain menerima ijazah dalam yudisium perdana di masa new normal bersama 81 mahasiswa lainnya, Annisa juga mendapat penghargaan sebagai lulusan terbaik dari Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu.

"Penghargaan ini hasil perjuangan dan dedikasi saya untuk orang-orang yang mendukung dan menyayangi saya," ujar Annisa, Senin (6/7/2020) sambil berjalan menuju bangku berjarak satu meter dengan peserta lain.

Universitas Dehasen Bengkulu menggelar yudisium perdana masa new normal dengan menerapkan aturan ketat sesuai dengan protokol kesehatan. Sebanyak 241 peserta dilaksanakan prosesi yudisium selama tiga hari dan terbagi atas lima hingga enam sesi setiap hari.

Wakil Rektor II Unived Dr Rita Prima Bendriati mengatakan, setiap sesi hanya diikuti maksimal 15 orang. Para petinggi universitas hanya menyaksikan dari jarak yang sudah ditentukan dan peralatan pelindung sesuai stadar. Sedangkan posisi duduk peserta yudisium diatur dengan jarak bangku lebih dari satu meter.

"Aturan kita ketat dan tidak mau mengambil resiko," tegas Rita.

Para peserta setiap sesi setelah prosesi yudisium harus langsung meninggalkan lokasi melalui pintu yang berbeda saat memasuki ruangan. Ini dilakukan untuk menghindari kontak fisik dengan peserta lain.

Dekan Fakultas Ekonomi Unived Dr Suwarni MM mengatakan, hari pertama yudisium ini khusus dilakukan untuk para lulusan Fakultas Ekonomi, Sebanyak 82 lulusan di yudisium dengan enam sesi. Hari kedua akan digelar yudidium untuk lulusan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Sastra dan Fakultas Pertanian. Sedangkan hari terakhir digelar Yudisium lulusan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial, FKIP dan Fakultas Hukum.

"Lulusan Fakultas kami yang terbanyak, jadi hari pertama ini khusus untuk satu fakultas saja," ujarnya.

Universitas Dehasen Bengkulu juga berencana menggelar Wisuda perdana masa new normal ini dengan aturan sesuai protokol kesehatan. Jika beberapa kampus lain di Bengkulu hanya menggelar wisuda secara daring atau online, kampus ini akan mengambil langkah tetap malakukan wisuda biasa.

"Pelaksanaan wisuda, waktunya akan diputuskan dalam beberapa hari ini," kata Suwarni.

 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: