Sukses

Segarnya Pagi Tepercik Tempias Air Terjun Cuncang Wae Jati Labuan Bajo

Liputan6.com, Labuan Bajo - Air terjun Cuncang Wae Jati, merupakan sebuah objek wisata baru yang terletak di seputar gang pengadilan kota Labuan Bajo Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggaarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Memiliki alam yang indah dan udara yang sejuk membuat siapa saja yang berkunjung kagum akan keindahannya. Air terjun Cuncang Wae Jati memiliki keunikan tersendiri dengan tinggi mencapai kurang lebih 10 meter dengan kedalaman kolam pemandian 7 meter.

Uniknya, Air Terjun Cuncang Wae Jati ini tidak berada pada kondisi yang ekstrem, sehingga pengunjung bisa aman menikmati kesegaran danĀ kejernihanĀ air terjun di dalam kolam.

Di lokasi ini pengunjung ditemani kicauan aneka burung yang sesekali menyapa seolah menyambut kedatangan wisatawan. Demikian juga dengan suasana alam dan pepohonan. Bebatuan besar yang terlihat kokoh dan rapi mengapit pinggir air terjun yang memanjakan mata.

Perjalanan ke air terjun Cuncang Wae Jati memang sangat mudah. Selain dekat dari pusat kota, pengunjung disarankan mengikuti ruas jalan utama gang kantor pengadilan. Dari sana, pengunjung bisa berjalan kaki ke arah timur sejauh 300 meter.

Damianus Santi (65), warga gang pengadilan di kota ujung barat pulau Flores itu menuturkan, Cuncang Wae Jati merupakan air terjun yang sudah ada sejak dahulu kala.

Meski jadi objek wisata baru, tetapi, menurut dia, belum ada fasilitas memadai di lokasi ini. Ia berharap pemerintah kabupaten Manggarai Barat melalui dinas pariwisata dan kebudayaan segera menyiapkan fasilitas publik di area itu.

Menurut dia, jika dikelola dengan manajemen baik, maka akan mendatangkan wisatawan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

"Kalau pemerintah sudah turun tangan seperti menyediakan fasilitas publik, maka akan memudahkan pengunjung untuk datang ke tempat ini," katanya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: