Sukses

Pengabdian 3 Polisi Teladan untuk Pendidikan dan Ekonomi Warga Riau

Liputan6.com, Pekanbaru - Tiga personel Polda Riau dinobatkan sebagai polisi teladan. Penghargaan itu diserahkan Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam perayaan HUT ke-74 Bhayangkara di Mako Brimob, Jalan Durian, Pekanbaru.

Salah satu penerima penghargaan adalah Brigadir Ripal Indrawata, Bhabinkamtibmas di Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji, Kabupaten Indragiri Hulu. Dia melakukan ragam inovasi di luar tugasnya sebagai penjaga keamanan selama pandemi Covid-19.

Beberapa bulan belakangan, Ripal menggerakkan perekonomian masyarakat dengan membuat kelompok tani pemuda hijrah. Kelompok ini diisi mantan narapidana agar mandiri secara ekonomi selama pandemi Covid-19.

Dia juga membudayakan rajin membaca bagi peserta didik yang libur sekolah karena Covid-19. Ripal membuat pondok baca agar liburan anak diisi dengan kegiatan bermanfaat.

"Ripal juga menjadi pelopor bedah rumah dan menggunakan drone Kamtibmas untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan," kata Irjen Agung saat menyerahkan penghargaan.

Selama ini, Ripal aktif mengantarkan buku bacaan ke perpustakaan di yang dibuatnya. Buku-buku itu dipinjamkan secara bergantian karena keterbatasan jumlah.

Ripal juga mengajak orangtua meminjamkan smartphone kepada anak-anaknya agar dapat belajar dari jarak jauh. Hal itu tidak bisa terwujud karena keterbatasan telepon pintar di daerahnya.

Kini, perpustakaan besutan Ripal mulai banyak koleksi. Dia mendapatkan kiriman ratusan koleksi buku dari istri Kapolda Riau, Erni Agung. Buku kiriman itu antara lain buku budaya, dongeng, edukasi, berhitung, sejarah dan masih banyak lagi jenis buku.

Selain Ripal, penghargaan serupa juga diberikan kepada Brigadir David Guswanto. Dia mendirikan Perpustakaan Bhayangkara bagi anak-anak serta memberdayakan ekonomi karena membuat kerambah (tambak) ikan bagi masyarakat.

Polisi teladan berikutnya adalah Brigadir Aspan Hari. Selain melayani masyarakat, Aspan membina dan menghidupkan pos sistem keamanan lingkungan (Siskamling) serta aktif dalam kegiatan karang taruna.

"Kemudian berperan aktif dalam mencegah serta menangani kebakaran hutan dan lahan," terang Agung.

2 dari 3 halaman

Urus Covid dan Fokus Karhutla

Agung mengatakan, tugas kepolisian selain penegakan hukum juga berkomitmen menjaga keamanan dan situasi kondusif di masyarakat. Salah satunya tetap memprioritaskan penanganan Covid-19.

Menurut Agung, ini sesuai dengan tema Hari Bhayangkara yaitu "Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif" Tema itu menggambarkan situasi di masyarakat saat pandemi Covid-19.

"Saat ini yang lebih penting adalah penguatan penanganan Covid-19. Perlu kerja sama semua pihak," kata Agung.

Tidak hanya Covid-19, penanganan karhutla juga menjadi prioritas Polda Riau. Kata Agung, Covid-19 dan karhutla ditangani dalam mekanisme yang jelas.

"Kita sudah membagi tugas. Mekanisme operasi penanganan Karhutla dan Covid-19," ucap Agung.

Tidak lupa, Agung mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau, Kepala Kejaksaan, TNI, pengadilan dan pihak lain yang sudah mendukung tugas Polda Riau.

"Terima kasih pada masyarakat yang ikut menjaga situasi kondusif agar kita bisa menjalani kehidupan lebih baik. Riau akan terus kita jaga dan majukan bersama," tegas Agung.

Gubernur Riau Syamsuar, juga menyampaikannya terima kasih kepada Polda dan jajaran yang sudah menjagai situasi kondusif di masyarakat. Dia berharap situasi ini tetap terus terjaga.

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas dukungan Polri, TNI, kejaksaan dan komponen lain. Sehingga dua masalah yang dirasakan saat ini, Covid-19 dan Karhutla, dapat ditangani bersama," kata Syamsuar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini