Sukses

Tenaga Medis Jadi Cluster Terbaru Penularan Corona di Bali

Liputan6.com, Denpasar positif covid-19?corona kembali terjadi di wilayah Kabupaten Bangli, melalui transmisi lokal cluster tenaga medis. 14 warga yang dinyatakan positiv corona itu tertular dari salah satu warga yang bekerja sebagai perawat.Komando Distrik Militer (Kodim) 1626/Bangli gerak cepat melakukan pengamanan pasca-terungkapnya cluster baru penularan Virus Corona yang menimpa 14 orang usai tertular dari tenaga medis.

Seperti diketahui, sebanyak 14 warga di Desa Abuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli tertular Virus Corona usai tertular dari seorang tenaga medis yang bekerja menjadi perawat pada salah satu rumah sakit di Kabupaten Gianyar. Setelah melalui serangkaian panjang pemeriksaan, 14 warga tersebut dinyatakan positif terjangkit Virus Corona.

Komandan Kodim 1626/Bangli, Letkol Inf Himawan Teddy Laksono menegaskan, kini warga yang terjangkit Virus Corona telah menjalani perawatan di rumah sakit. Dalam kondisi itu, Dandim yang karib disapa Letkol HTL itu telah berkoordinasi dengan Puskesmas dan camat untuk mengambil tindakan cepat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

“Ini cluster baru yang terjangkit karena transmisi lokal. Untuk langkah pengamanan, utamanya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangli, saya telah berkoordinasi dengan puskesmas dan camat untuk segera dilakukan lokalisir dan penyemprotan disinfektan bagi rumah dan lingkungan yang ditinggalkan warga,” kata Letkol HTL kepada Liputan6.com di bangli, Senin (22/6/2020)

Ia meminta kepada semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan. Pada saat sama, Letkol HTL juga mengimbau kepada warga yang pernah menjalin kontak fisik dengan 14 warga yang dinyatakan positif Corona untuk memeriksakan diri dan melakukan isolasi mandiri.

“Kami dari TNI siap memfasilitasi warga. Jadi kami imbau warga yang pernah menjalin kontak fisik dengan 14 pasien positif cluster perawat untuk segera memeriksakan diri. Kami juga imbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana telah ditetapkan,” imbau Letkol HTL.