Sukses

Istana Maimun Kembali Dibuka Untuk Wisatawan, Terapkan New Normal

Liputan6.com, Medan Salah satu objek wisata di Kota Medan, Istana Maimun, ditutup sementara untuk mencegah penularan virus Corona COVID-19. Kabar terbaru, Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid selaku pengelola akan membuka kembali Istana Maimun untuk kunjungan wisatawan.

Ketua Umum Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid, IR Tengku Reizan Ivansyah mengatakan, Istana Maimun akan dibuka kembali pada Minggu, 7 Juni 2020. Saat dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan, akan diterapkan new normal atau kenormalan baru.

"Kenormalan baru yang dimaksud sejalan dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 di area publik dalam mendukung keberlangsungan usaha," kata Reizan, Jumat (5/6/2020).

Pembukaan kembali objek wisata yang berada di kawasan Jalan Brigjen Katamso, Medan Maimun, untuk kunjungan wisatawan setelah berdiskusi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan. Diungkapkan Reizan, ada sekitar 200-an orang termasuk pekerja, pengelola, pedagang, dan penduduk setempat, yang sangat tergantung dan mencari nafkah di Istana Maimun.

"Nah, hal ini terus menjadi perhatian dan pertimbangan selama Istana Maimun tutup sementara selama 3 bulan," ungkapnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuhi Protokol Kesehatan

Diterangkan Reizan, selama Istana Maimun tutup sementara, mereka sebagai pihak pengelola terus berusaha semaksimal mungkin tetap membantu para pekerja. Mereka memastikan tidak ada pekerja yang diberhentikan.

"Kami optimis membuka kembali Istana Maimun, tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," sebutnya.

Dijelaskan Reizan, kenormalan baru yang diberlakukan di Istana Maimun tediri dari 4 poin, yaitu wisatawan wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah berkunjung, wisatawan yang berkunjung harus dalam kondisi tubuh yang sehat, dan tidak dibenarkan menyentuh benda apapun yang ada di dalam Istana Maimun.

Pengecekan suhu tubuh terhadap wisatawan akan dilakukan di tangga masuk istana oleh petugas. Jika suhu tubuh wisatawan melebihi ambang batas normal, disarankan untuk pulang. Selama berkunjung di Istana Maimun, wisatawan harus tetap menjaga jarak minimal 1 meter antar orang.

"Pihak pengelola akan memantau pergerakan wisatawan di dalam istana untuk menghindari terjadinya penumpukan orang," Reizan menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.