Sukses

7 Jenazah Korban Kebakaran Kapal Tanker di Belawan Teridentifikasi

Identifikasi jenazah korban meninggal dunia akibat terbakarnya kapal tanker MT Jag Leela di Pelabuhan Belawan telah selesai dilakukan. Identifikasi dilakukan Tim Disaster Victim Identification (DVI) Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut).

Liputan6.com, Medan Identifikasi jenazah korban meninggal dunia akibat terbakarnya kapal tanker MT Jag Leela di Pelabuhan Belawan telah selesai dilakukan. Identifikasi dilakukan Tim Disaster Victim Identification (DVI) Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut).

Jenazah yang sudah teridentifikasi langsung diserahkan oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, kepada pihak keluarga. Sormin mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran kapal tanker.

"Polda Sumut untuk sementara menetapkan ini adalah kecelakaan kerja. Asal usul api, tim Labfor yang akan membuktikan," kata Sormin di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Kota Medan, Selasa (12/5/2020).

Disebutkan Kapolda, sampai saat ini personelnya belum bisa melakukan penyelidikan ke dalam kapal tanker yang terbakar di galangan milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard, Belawan. Sebab suhu di dalam kapal tanker masih sangat tinggi.

"Tim dari Puslabfor belum bisa masuk ke lokasi, karena belum memungkinkan. Mudah-mudahan kondisi kapal mendingin, agar tim bisa masuk," sebutnya.

Ditegaskan Martuani, proses identifikasi jenazah korban dilakukan secara profesional. Pihaknya sangat menghindari kemungkinan terjadi kesalahan saat menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga.

Martuani juga menerangkan pihaknya telah memeriksa 12 saksi terkait kebakaran kapal tanker tersebut. Kapolda berharap pihak perusahaan bisa bekerja sama untuk mengungkap kasus kebakaran ini. Pihak kepolisian juga akan memeriksa dari sisi aspek keselamatan kerja.

"Puslabfor yang akan membuktikan, dari mana asal api dan soal keselamatan kerja. Sampai sekarang seluruh ABK (Anak Buah Kapal) dan yang bekerja di-docking lengkap. Akan dipastikan lagi," terangnya

Tidak hanya menimbulkan 7 korban meninggal dunia, terkait insiden kebakaran kapal tanker yang terjadi pada Senin, 11 Mei 2020 tersebut juga menyebabkan 22 korban luka-luka, dengan rincian 15 orang rawat jalan dan 7 orang rawat inap.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama-nama Korban Meninggal Dunia

Berikut 7 jenazah korban meninggal dunia dalam peristiwa terbakarnya kapal tanker MT Jag Leela di Pelabuhan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumut:

1. M. Nur Kasim Siregar (Laki-laki) usia 37 tahun, alamat Kota Rantang Hamparan Perak, Deli Serdang.

2. Bahtiar Asmawi Siregar (Laki-laki) usia 28 tahun, alamat Kota Rantang Hamparan Perak Deli Serdang.

3. Imam Maulana (Laki-laki) usia 23 tahun, alamat Jalan S. Parman Medan.

4. Buchari (Laki-laki) usia 34 tahun, alamat Jalan Yoong Labuhan Deli Medan Marelan.

5. Iwan Setiawan Hasibuan (Laki-laki) usia 32 tahun, alamat Kampung Kolam Lingkungan IX Belawan Bahagia.

6. Sandi Nova (Laki-laki) usia 24 tahun, alamat Lingkungan 16 Rengas Pulau Medan Marelan.

7. Iswondo (Laki-laki) usia 46 tahun, alamat Jalan Prihatin Lingkungan 6 Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.