Sukses

68 Pemudik Asal Selayar Sulsel Dikarantina Usai Terbang Bareng OTG Positif Covid-19

Liputan6.com, Makassar - Sebanyak 68 pemudik asal Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan terpaksa dikarantina di tiga hotel berbeda. Mereka dikhawatirkan terpapar virus Covid-19 usai mudik bersama salah seorang penumpang yang dipastikan positif terjangkit virus yang tengah menjadi pandemi itu.

Dari data yang diterima Liputan6.com, pemudik itu dipastikan terjangkit Virus Corona Covid-19 usai menjalani tes Swab atau Uji Seka. Dia adalah seorang pria berusia 52 tahun.

"Penumpang pesawat itu tiba di Selayar tanggal 24 April," kata Bupati Selayar, Muhammad Basli Ali, Minggu (3/5/2020).

Ketika pesawat yang membawa puluhan pemudik itu tiba di Bandar Udara Selayar, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Selayar langsung melakukan rapid test atau uji cepat kepada seluruh penumpangnya.

"Hasilnya ada salah satu penumpang yang reaktif, kita langsung isolasi dan Swab, hasilnya keluar tanggal 1 Mei positif," jelasnya.

Basli menyebutkan, bahwa pasien itu adalah kasus Covid-19 pertama di daerahnya. Kondisi pasien Covid-19 itu pun dalam keadaan baik, dia merupakan pasien Covid-19 yang tergolong dalam orang tanpa gejala atau OTG.

"Tapi kita tetap isolasi dia di RSUD KH Hayyum Selayar," dia menegaskan.

Usai dipastikan positif, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Selayar pun langsung menelusuri siapa saja penumpang pesawat yang bersama pasien pertama di Kabupaten Selayar itu.

"Kita tracking, dan cek manifes-nya. Lalu kita jemput ke rumah mereka masing-masing," ucapnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: