Sukses

Kaltim Tambah 8 Pasien Positif, Semuanya Klaster Gowa

Ada penambahan delapan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kaltim, seluruhnya merupakan pelaku perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Samarinda - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menambah sebanyak delapan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Seluruh pasien ini merupakan pelaku perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi M Ishak meyebutkan, delapan tambahan positif masuk dalam ster ijtimak dunia. Semuanya tersebar di empat kabupaten dan kota.

"Penambahan positif ada satu dari Kabupaten Kutai Barat, satu dari Kabupaten Kutai Timur, satu dari Kabupaten Paser, dan lima pasien dari Kota Samarinda," kata Andi dalam konferensi pers jelang berbuka puasa, Minggu (26/4/2020).

Dengan penambahan delapan pasien ini, kini Provinsi Kaltim sudah menembus lebih 100 pasien. Jumlah ini terus bertambah seiring penelusuran dari klaster ijtimak dunia yang dilaksanakan di Gowa, Sulawesi Selatan.

"Total pasien positif di Kaltim per hari ini ada 105 kasus, 11 sudah dinyatakan sembuh, dan satu meninggal dunia," tambah Andi.

Ledakan klaster ini terjadi sejak pertengahan bulan April 2020 lalu. Jumlah pasien positif dari pelaku perjalanan ke Gowa mendominasi data kasus Covid-19.

Tim gugus tugas, kata Andi, lebih serius menangani dan menelusuri klaster ini. Sebab kasus yang muncul kebanyakan tanpa gejala.

"Rata-rata pasien kasus baru pada hari ini, adalah orang tanpa keluahan medis. Namun yang bersangkutan melakukan perjalanan dari daerah yang sudah terjadi penularan lokal," katanya.

Sementara itu Orang Dengan Pemantauan (ODP) di Kaltim saat ini berjumlah 486 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 184 pasien.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.