Sukses

Pandemi Covid-19, Warga Aceh Tetap Gelar Salat Tarawih Berjemaah di Masjid

Bahkan barisan jemaah salat tetap rapat, tidak ada penerapan jarak antara satu jemaah dengan jemaah lainnya.

Liputan6.com, Aceh - Meski masih dalam masa pandemi virus corona (Covid-19), warga Aceh tetap memadati masjid untuk menggelar salat tarawih berjemaah.

Pengamatan di sejumlah masjid di Kota Banda Aceh, Kamis malam (23/4/2020), pelaksanaan salat tarawih berjemaah tetap berlangsung seperti biasa. Bahkan barisan jemaah salat tetap rapat, tidak ada penerapan jarak antara satu jemaah dengan jemaah lainnya.

Pemandangan yang sama terlihat di Masjid Raya Baiturrahman, jemaah tetap memadati masjid tersebut meski masih dalam masa pandemi. Hanya saja jumlahnya tidak sebanyak jemaah salat tarawih pertama pada tahun lalu. Jemaah salat tarawih tahun ini tidak sampai memadati pelataran yang ada di sisi utara dan selatan Masjid Raya Baiturrahman.

Sebelum salat berlangsung, tampak pengurus masjid membagikan masker kepada jemaah.

Jemaah hanya padat di bangunan utama Masjid Raya Baiturrahman. Tidak ada jamaah di pelataran utara dam selatan masjid. Sebanyak 12 payung di dua sisi pelataran tersebut dalam kondisi berbuka.

Kendati pun ada jemaah, mereka juga tidak bisa salat tarawih karena lantai pelataran basah diguyur gerimis. Ada sebagian jemaah terpaksa salat area bawah tanah masjid karena tidak tertampung di bagian utama bangunan.

Imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Prof Tgk H Azman mengatakan, pelaksanaan salat tarawih tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami minta jamaah membawa sajadah karena kami tidak membentang karpet. Kepada mereka yang sakit dianjurkan tidak mengikuti salat berjemaah," katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.