Sukses

2 Pasien Positif Covid-19 di Sulbar Ternyata Negatif

Kabar baik sedang manaungi dua pasien positif Corona Covid-19 di Sulawesi Barat, dimana hasil tes swab kedua mereka dinyatakan negatif. Mereka adalah pasien positif Corona Covid-19 keempat dan kelima

Liputan6.com, Mamuju Kabar baik terkait dua pasien positif Corona Covid-19 di Sulawesi Barat. Hasil tes swab kedua mereka dinyatakan negatif. Mereka adalah pasien positif Corona Covid-19 keempat dan kelima.

Anggota Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulawesi Barat dr Ikhwan mengatakan, hasil tes itu sesuai dengan surat dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar yang diterima oleh dinas kesehatan tertanggal 14 sampai 21 April 2020.

"Ada dua pasien yang dinyatakan negatif, AMI (43) dari Pasangkayu dan ZM (53) dari Mamuju, mereka sementara dirawat di RSUD Regional Sulbar," kata Ikhwan saat dihubungi liputan6.com, Selasa (21/04/2020) sore.

Ikhwan menambahkan, dalam surat itu juga terdapat hasil tes swab 2 pasien yang masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yakni MI (28) dan MIB (28) serta 2 pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) yang positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test yakni WR (46), dan AZR (5).

"Dalam surat itu juga ada hasil lab 4 pasien lainnya, jadi total 6 pasien yang keluar hasil lab tes swabnya," ujar Ikhwan yang juga Kabid Kesmas di Dinas Kesehatan Sulawesi Barat itu.

Meski dinyatakan negatif, Ikhwan menegaskan, keenam pasien itu belum bisa pulang. Mereka harus sekali lagi menjalani pemeriksaan tes swab sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Corona Covid-19.

"Kalau sudah dua kali hasil tesnya negatif, maka dinyatakan sembuh dan boleh pulang," jelas Ikhwan.

Ikhwan menuturkan, dalam waktu dekat, keenam pasien itu akan kembali diambil swabnya untuk pemeriksaan ketiga. Pihaknya juga sementara menunggu hasil tes swab pasien positif Corona Covid-19 keenam dan ketujuh di Sulawesi Barat.

"Kendala kita ini terlalu lama baru datang hasil testnya, yang pasti secepatnya kita akan kirim kembali swabnya yang 6 pasien ini," tutup Ikhwan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.