Sukses

Mengintip Kesiapan Toko Online Penuhi Kebutuhan Warga Saat PSBB

Pemberlakuan PSBB pada masa pandemi corona covid-19, membuat warga memilih untuk belanja online dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi berlaku di DKI Jakarta mulai 10 April 2020. Langkah ini sebagai bentuk upaya pemerintah untuk menekan risiko penularan pandemi Corona Covid-19. Pemerintah daerah lain pun mulai merencanakan pemberlakuan PSBB di wilayahnya masing-masing.

Dengan pemberlakuan sistem ini maka masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah. Banyak orang berpikir mengenai cara pemenuhan kebutuhan hidup selama masa PSBB. Tentu belanja online menjadi pilihan.

Salah satu situs belanja online, Blibli, memastikan bahwa pengoperasian sistem logistiknya akan berjalan normal di tengah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No. 21 Tahun 2020 tentang PSBB. Lebih lanjut, Blibli mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi penyebaran Corona COVID-19.

"Di saat mobilitas terbatas akibat Corona COVID-19, e-commerce layaknya Blibli menjadi tumpuan baik bagi para merchant dan pelanggan dalam melaksanakan aktivitas ritel," kata Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli, dalam keterangan resminya.

"Sebab itu, Blibli bertanggung jawab untuk memastikan bahwa keseluruhan rantai logistik, yang merupakan tulang punggung e-commerce, berjalan lancar dan tanpa henti. Para merchant pun bisa terus memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan demikian membantu industri ritel untuk terus berputar dan menopang ekonomi Indonesia," Lisa menambahkan.

Lisa mengatakan, hadirnya infrastruktur logistik milik Blibli di lokasi strategis memungkinkan Blibli untuk mengontrol proses dan menjaga kualitas layanan logistik. 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada di 15 Kota Besar

Saat ini, Blibli menjalankan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar. Infrastruktur warehouse didukung oleh armada kurir pengiriman BES yang menjaga agar pengiriman paket dapat dilakukan dengan cepat dan pelanggan menerima pesanan tepat waktu.

"Blibli mempunyai jaringan warehouse milik sendiri yang terbesar dan terluas di Indonesia. Ini, diperkuat dengan tim armada BES, yang menjadi keunggulan kami dalam mengontrol penuh pengoperasian dan kualitas layanan logistik kami, termasuk Same Day Delivery, saat situasi apa pun," lanjut Lisa.

Seluruh infrastruktur logistik ini terbuka digunakan oleh para merchant, mulai dari perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) hingga UMKM, agar mereka tidak terdampak oleh pembatasan pergerakan. Perusahaan-perusahaan ini bisa menempatkan stok barang di warehouse Blibli dan saat ada pemesanan, pihak Blibli yang otomatis mengatur pengiriman paket.

"Dukungan logistik yang mumpuni sangat berpengaruh pada keberlanjutan usaha para merchant, terutama UMKM. Kami pun telah bekerja sama dengan berbagai UMKM, termasuk penyedia beras, untuk menaruh stok di warehouse dan mengirim pesanan ke para pelanggan," Lisa menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.