Sukses

Jenazahnya Sempat Dimandikan Keluarga, PDP di Aceh Ternyata Negatif Covid-19

Liputan6.com, Aceh - Hasil uji spesimen terhadap EY (43), pasien dalam pengawasan (PDP) Corona Covid-19 yang jenazahnya sempat dimandikan oleh keluarga di Aceh Utara dinyatakan negatif. Status isolasi mandiri terhadap desa di mana jenazah yang bersangkutan dikuburkan kini telah dicabut.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Utara, Andree Prayuda, mengatakan bahwa hasil laboratorium telah keluar pada Rabu kemarin. Pihaknya meminta warga setempat agar tetap menjaga diri dan mengikuti arahan pemerintah selama masa pandemi belum dinyatakan berakhir.

"Hasil lab-nya sudah kita pegang. Statusnya otomatis dicabut. Tim medis sudah turun ke sana kemarin. Untuk warga setempat kita imbau agar hindari keramaian-keramaian," jawab Andree, dihubungi Liputan6.com, Kamis (2/4/2020).

Sebelumnya, keluarga dikabarkan sempat memandikan jenazah yang bersangkutan sebelum dimakamkan di pemakaman desa setempat, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Otoritas terkait pun mengambil sikap untuk mengawasi gerakan setiap orang yang pernah melawat ke rumah duka pada hari kedatangan jenazah hingga prosesi pemakaman berlangsung.

Langkah lainnya memastikan keluarga dan orang-orang yang melakukan kontak untuk melakukan karantina mandiri sementara waktu atau selama 14 hari terhitung sejak pasien dimakamkan, di bawah pengawasan ketat otoritas yang berwenang.

Dinas kesehatan setempat telah melakukan disinfeksi atau penyemprotan cairan disinfektan ke rumah keluarga dan tetangga pasien Corona Covid-19 yang meninggal dunia ini.

Berdasarkan data termutakhir di laman resmi milik pemerintah, hari ini, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Corona Covid-19 di provinsi tersebut sebanyak 893, dengan rincian 731 orang dalam pemantauan, 162 orang selesai pemantauan.

PDP bertambah satu dari 44 jadi 45, dengan rincian, 9 masih dirawat, 36 dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang, sementara itu, jumlah pasien yang dinyatakan positif belum berubah dari angka yang dirilis beberapa hari yang lalu, yakni, sebanyak 5 orang, dengan jumlah yang meninggal dunia sebanyak 2 orang.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: