Sukses

Ruang Isolasi RS GL Tobing Mulai Beroperasi, Berstandar Perawatan COVID-19

Liputan6.com, Medan Ruang Isolasi Rumah Sakit GL Tobing di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) sudah sesuai standar perawatan pasien virus corona COVID-19. RS isolasi yang hanya diperuntukkan bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ini sudah beroperasi.

Koordinator Medis dan Paramedis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Restuti Hidayani Saragih mengatakan, seluruh ruangan yang dibangun dan dioperasionalkan atau yang dialihfungsikan di RS GL Tobing merupakan ruangan isolasi bertekanan negatif, yang sudah sesuai dengan standar perawatan infeksi COVID-19.

"Beberapa kelengkapan alat yang sudah tersedia di RS GL Tobing seperti alat rontgen foto, ventilator atau alat bantu nafas, alat USG, serta dilengkapi dengan obat-obatan yang memadai," kata Restuti, Senin (30/3/2020).

RS GL Tobing hanya diperuntukkan bagi pasien dan tenaga medis. Untuk pengamanannya, akan dikawal dan dijaga aparat TNI/Polri selama 24 jam. Bagi pasien PDP dengan keparahan berat tetap dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik di Jalan Bunga Lau, kota Medan.

"Sedangkan pasien yang dirujuk ke RS GL Tobing adalah pasien berstatus PDP dengan tingkat keparahan ringan dan sedang," sebutnya.

Untuk kesiapan tenaga medis yang akan bertanggung jawab terkait corona COVID-19 di RS GL Tobing, sudah ada 106 dokter dan tenaga kesehatan yang berjaga. Dokter dan tenaga kesehatan bertugas dalam jangka waktu satu minggu, dengan rincian 58 orang tinggal untuk berjaga. Kemudian sekitar 48 orang berjaga jika ada panggilan atau dibutuhkan.

"Saya mewakili Tim Gugus Tugas ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh organisasi profesi kesehatan, baik organisasi dokter maupun organisasi tenaga kesehatan yang amat kuat berkolaborasi. Profesi kita pejuang paling depan," ucapnya. 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Kasus Positif Bertambah

Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bertambah. Jika sebelumnya 14, saat ini bertambah sebanyak 6. Total pasien positif corona COVID-19 di Sumut saat ini 20.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan mengatakan, dari 20 pasien positif corona COVID-19, dua diantaranya meninggal dunia. Saat ini 18 pasien positif sedang menjalani perawatan.

"Sebanyak 18 pasien ini masih menjalani perawatan intensif di sejumlah rumah sakit," kata Whiko, dalam keterangan resmi live streaming melalui kanal YouTube.

Sementara untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumut mengalami penurunan dari hari sebelumnya. Jika pada Minggu, 29 Maret 2020, jumlah ODP sebanyak 4064, saat ini berjumlah 2.909 orang.

"Mengalami penurunan menjadi 2909 dari sebelumnya 4064 orang," sebut Whiko.

Diungkapkan Whiko, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumut juga mengalami penurunan dari sebelumnya 77 menjadi 76 orang. PDP yang sudah dinyatakan negatif virus corona COVID-19 sejauh ini berjumlah 23.

"Dari 23 itu, rincian 11 orang sudah dipulangkan dan 12 lainnya masih dirawat karena kondisi kesehatannya masih perlu mendapatkan perawatan," terangnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut: