Sukses

Dua Kali Tes Corona Covid-19, Ridwan Kamil Dinyatakan Negatif

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah dua kali melakukan tes proaktif Covid-19.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah dua kali melakukan tes proaktif Covid-19. Hasilnya, pria yang akrab disapa Emil itu kembali dinyatakan negatif.

"Jadi warga Jabar, pak gubernurnya sehat. Insya Allah bisa menjalankan proses penanggulangan ini dengan sebaik-baiknya," ucap Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (26/3/2020).

Emil mengatakan dirinya melakukan pemeriksaan tes proaktif kedua yang dilakukan pada Rabu (25/3/2020).

"Saya sampaikan tes pertama pada 15 Maret, dan tes kedua kemarin hasilnya juga kemarin negatif," tegasnya.

Mantan Wali Kota Bandung itu melakukan pemeriksaan lantaran banyak masyarakat bertanya-tanya ihwal kesehatannya ketika bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjemput 68 anak buah kapal Diamond Princess di Bandara Kertajati Majalengka. Menteri Budi Karya sendiri dinyatakan positif.

Pada tes pertama, dia bersama istri dinyatakan negatif terpapar virus Corona.

Sedangkan tes kedua dilakukan Emil terkait kehadirannya di acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) pada 9 Maret di Hotel Swiss Bell Inn, Kabupaten Karawang. Dalam acara tersebut dari sejumlah kepala daerah yang turut hadir, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan positif Covid-19.

Sementara itu, hingga Kamis siang ini terdapat 73 kasus orang positif corona di Jabar. Sebanyak 10 di antaranya meninggal dan lima sembuh.

"Mayoritas warga Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi. Ring dua di Bandung Raya," ujar Emil menjelaskan penyebaran kasus Covid-19.

Dia juga mengatakan bahwa sampai saat ini sudah tiga kepala daerah dinyatakan positif setelah melakukan tes proaktif. Ketiga kepala daerah tersebut yakni Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.