Sukses

PDP Corona yang Meninggal di Aceh Punya Riwayat Perjalanan ke Malaysia

Liputan6.com, Aceh - Pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) virus corona Covid-19 yang meninggal dunia di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia.

Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin di Banda Aceh, Rabu malam (25/3/2020), membenarkan informasi tentang meninggalnya satu lagi PDP Covid-19 tersebut. Pasien itu, katanya, telah menjalani perawatan di respiratory intensive care unit (RICU) rumah sakit setempat sekitar tiga hari.

"Pulang dari Malaysia, sakit, PDP, kita rawat, dan meninggal," katanya.

Dia menyebutkan pasien itu belum dinyatakan positif COVID-19, masih status PDP.

Petugas medis juga telah mengambil sampel lendir (swab) tenggorokan pasien tersebut dan mengirim ke Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI untuk melihat positif atau negatif corona Covid-19.

Ia juga belum membeberkan secara jelas PDP tersebut berasal dari kabupaten/kota mana di provinsi paling barat Indonesia tersebut. Namun Azharuddin memastikan pasien itu warga Aceh

"Kita tunggu hasil. Karena memang gejala sesuai, kita kirim swabnya (ke Balitbangkes, red.), pasien sudah meninggal, sekarang kita tunggu hasilnya," katanya.

Hingga kini, sudah dua warga berstatus PDP Covid-19 meninggal dunia di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, namun belum ada hasil pemeriksaan swab dari Balitbangkes.

Sebelumnya, seorang PDP corona Covid-19 asal Lhokseumawe meninggal dunia pada Senin (23/3), pukul 12.45 WIB, di RSUD Zainoel Abidin.

"Seorang pasien dengan status PDP mengembus nafas terakhir dalam perawatan di RSUD Zainoel Abidin," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdul Gani.

Pria berinisial AA (56) tersebut memiliki riwayat perjalanan ke transmisi lokal Covid-19, yakni Surabaya dan Bogor.

PDP tersebut meninggal dunia dengan kondisi diagnosa terakhir infeksi paru-paru (Pneumonia), yang diduga penyebabnya karena Covid-19, berdasarkan gelaja yang diderita

"Pasien ini belum bisa disimpulkan positif Covid-19, statusnya masih PDP," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.