Sukses

2 PDP Corona Covid-19 di RSMH Palembang Meninggal Dunia

Liputan6.com, Palembang - Dari enam orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Covid-19 di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), dua pasien dikabarkan meninggal dunia.

Hal ini dibenarkan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, saat menggelar Pers Conference usai melantik Bupati Muara Enim Juarsyah, di Aula Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (23/3/2020).

“Ada dua PDP yang terkonfirmasi meninggal dunia. Sampai pagi ini, belum ada hasil tes laboratorium dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melalui Balitbangkes Jakarta. Karena yang berwenang adalah Balitbangkes Jakarta,” ujarnya.

Untuk prosesi persemayaman dan pemakaman dua orang pasien tersebut, Gubernur Sumsel menegaskan jika harus dilakukan layaknya pederita Corona Covid-19.

Langkah tersebut sesuai dengan anjuran dari Satgas Penanganan Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel dan SOP dari para dokter.

“Jika nanti hasilnya sudah resmi (keluar), akan kita sampaikan apapun itu, negatif atau pun positif. Namun apabila hasilnya positif, kita akan tingkatkan status jadi Siaga,” ucapnya di Palembang.

Dia meminta warga Sumsel untuk terus waspada dan menangkal Virus Corona Covid-19. Yaitu dengan memperkuat stamina melalui asupan makanan yang benar, mengkonsumsi vitamin sesuai dengan anjuran petugas kesehatan.

Herman Deru juga sudah menggelar rapat dengan Direktur RSMH Palembang, terkait ruang isolasi. Saat ini ada 24 ruang isolasi yang disiapkan di RSMH Palembang. Jumlah itu akan ditambah, dengan disediakannya ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Palembang.

“Jika nanti tidak cukup, akan kita siapkan di Wisma Atlit Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dan Asrama Haji,” ujarnya.

Dokter Penanggungjawab PDP (DPDP) dan Juru Bicara (Jubir) Satgas Corona Covid-19 di RSMH Palembang Zen Ahmad mengatakan, dua PDP tersebut meninggal dunia pada pukul 05.45 WIB dan 06.15 WIB.

“PDP yang meninggal pada pukul 05.45 WIB itu adalah pria berusia 54 tahun berasal dari Kota Palembang,” katanya.

 

2 dari 2 halaman

Pasien Dalam Pengawasan

Sedangkan PDP yang meninggal dunia pada pukul 06.15 WIB, adalah pria berusia 53 tahun yang dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih Sumsel.

Meskipun hasil laboratorium terkait Corona Covid-19 belum keluar. Namun dari hasil laboratorium di RSMH Palembang menunjukkan, kedua pasien mengidap penyakit Diabetes Melitus. Kedua pasien dirawat di ruang isolasi di kamar masing-masing.

Hingga sekarang ada 13 PDP, dimana enam orang PDP sudah dinyatakan negatif, dua orang PDP meninggal dunia. Sedangkan 5 orang PDP masih dirawat di ruang isolasi RSMH Palembang.

“Kondisi mereka saat ini ringan dan sedang, belum ada yang berat. Untuk orang-orang yang pernah berinteraksi dengan dua orang PDP yang meninggal dunia, akan kita telusuri dan masuk Orang Dalam Pengawasan (ODP)," ujarnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
SPN Riau Disiapkan Jadi Pusat Perawatan Pasien Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Cegah Penularan Covid-19, Warung Kopi di Banda Aceh Kini Tutup Sementara