Sukses

Gara-Gara Covid-19, Jumlah Penumpang KA Prameks Anjlok

Liputan6.com, Solo PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta memberlakukan pembatasan jumlah penumpang KA Prameks tujuan Solo-Jogja dan sebaliknya. Pembatasan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 di kereta tersebut.

Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan mulai hari ini jumlah penumpang kereta api dibatasi. Jika sebelumnya kapasitas penumpang KA Pramek bisa mencapai 150 persen, kini hanya dibatasi menjadi 75 persen dari jumlah kapasitas penumpang kereta tersebut.

"Dengan adanya Covid-19, kita batasi menjadi 75 persen jadi di dalam kereta sangat leluasa," kata dia di Stasiun Purwosari, Solo, Sabtu, 11 Maret 2020.

Menurut dia, dampak merebaknya virus corona Covid-19 itu menyebabkan jumlah penumpang KA Prameks turun drastis. Hal ini terlihat dari jumlah penumpang kereta jurusan Solo-Jogja  yang naik maupun turun saat berhenti di Stasiun Purwosari juga terlihat sepi.

"Turunnya tajam. Tadinya penumpang KA Prameks bisa sampai 150 persen dan full setiap harinya, tapi sekarang tinggal 20 persen hingga 25 persen," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Penerapan Social Distancing

Untuk menekan penyebaran virus Corona Covid-19 di stasiun, PT KAI Daop 6 Yogyakarta menerapkan social distancing atau pembatasan jarak antar penumpang di are stasiun dan selama dalam perjalanan kereta api.

Penerapan social distancing dilakukan dengan membuat tanda batas di beberapa titik seperti loker, boarding, mesin check in mandiri, tempat duduk di ruang tunggu. Adapun jarak antar penumpang dalam social distancing di stasiun kurang lebih satu meter.

"Untuk kelancaran dan hasil dari social distancing yang maksimal, penumpang juga diharapkan mengetahui tanda batas untuk mengantre dengan tertib dan duduk di tempat yang tidak ada tanda larangannya," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Balita di Tolitoli Diisolasi Karena PDP Virus Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Pemprov Jabar Bakal Bagikan Masker Gratis, Begini Prosedurnya