Sukses

Kondisi Terkini 4 Pasien Isolasi Virus Corona Covid-19 di Palu

Liputan6.com, Palu - Sebanyak empat warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga Kamis 19 Maret, 2020, masih dirawat di dua rumah sakit rujukan di Kota Palu. Pihak Dinas Kesehatan Kota Palu masih menunggu hasil pemeriksaan spesimen untuk memastikan ada tidaknya virus Corona atau Covid-19 di tubuh pasien. Sementara itu jumlah warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Palu berjumlah 57 orang.

Keempat pasien berstatus PDP itu masih dirawat di ruang isolasi dua rumah sakit berbeda di Kota Palu, dua pasien berada di RSUD Undata, 2 lainnya di RSUD Anutapura Palu.

Wakil Direktur RSUD Undata, dr Amsyar Praja menyatakan, meski masih menjalani isolasi, kondisi dua pasien PDP di RSUD Undata telah dalam kondisi baik. Bahkan berdasarkan observasi tim dokter, kedua PDP virus Corona Covid-19 sebenarnya telah layak dipulangkan.

“Secara umum kondisi dua pasien itu sudah baik. Hanya saja kami masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari Jakarta,” dr Amsyar menjelaskan, Kamis (19/3/2020).

Dua pasien yang diisolasi di Undata itu masuk pada 14 Maret lalu setelah tiba dari Jakarta dan mengalami demam, batuk, serta sesak napas yang mirip gejala virus Corona atau Covid-19. Keduanya masing-masing perempuan berusia 62 dan 16 tahun.

Kondisi baik juga dialami pasien PDP yang diisolasi di RSUD Anutapura Palu. Dua PDP virus Corona atau Covid-19 itu adalah perempuan, masing-masing berusia 42 dan 45 tahun dan mulai menjalani isolasi pada 15 Maret lalu setelah mereka memeriksakan diri dengan keluhan demam tinggi.

“Kondisi keduanya (PDP) di RSUD Anutapura makin membaik, tapi juga masih menunggu hasil laboratorium,” ungkap Kadis Kesehatan Kota Palu, dr Huzaimah, Kamis (19/3/2020).

2 dari 3 halaman

57 orang di Kota Palu berstatus ODP

Selain empat PDP, di Kota Palu jumlah warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami penambahan menjadi 57 orang. Mereka yang berstatus ODP merupakan warga yang tiba di Kota Palu dari wilayah yang terpapar virus corona. Sebelumnya data per 14 Maret,2020 menyebut jumlah ODP sebanyak 32 orang.

Pihak Dinas Kesehatan Kota Palu menyatakan kondisi puluhan ODP itu masih dalam keadaan baik atau belum mengalami gangguan kesehatan.

“57 orang yang berstatus ODP itu terus kami pantau kondisinya, tapi sampai saat ini masih baik kondisiya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Huzaimah, Kamis (19/3/2020).

Pihak Dinas Kesehatan Kota Palu meminta para ODP itu agar tetap berada di rumah selama 14 hari dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah. Mereka juga diminta segera melaporkan ke petugas kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan selama masa pemantauan.

Secara umum Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menetapkan status siaga pencegahan virus corona dengan mengimbau warga untuk menghindari keramaian dan membatasi aktifitas diluar rumah meski belum ditemukan kasus positif corona. Sejumlah kabupatenpun telah mengambil kebijakan meliburkan sekolah dan mengalihkan pembelajaran di rumah siswa masing-masing.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pulang Dari Rapat Sinode di Bogor, Kaltim Tambah Dua Positif Covid-19
Artikel Selanjutnya
ODP Corona Covid-19 Jateng Melonjak Tinggi