Sukses

Mendagri Puji Langkah Ridwan Kamil Tangani Corona Covid-19 di Jabar

Liputan6.com, Bandung - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait langkah penanganan dan pencegahan virus Corona Covid-19. Ridwan telah membangun Command Center atau ruang kendali darurat yang diresmikan beberapa waktu lalu.

"Saya melihat dari Command Center yang ada. Kemudian juga diskusi dengan bapak gubernur dan jajaran, saya terus terang sangat memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena saya melihat Command Center di Jawa Barat sudah terbentuk. Mudah-mudahan di tempat lain sudah ada, tapi yang baru saya lihat baru di Jawa Barat," kata Tito di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/3/2020).

Tito mengatakan, Command Center yang kini sedang difungsikan sebagai pusat kendali penanganan virus Corona sudah lengkap, serta diawaki oleh orang-orang yang tetap dan sudah ada pembagian tugas di antara mereka.

"Di Command Center itu ada tampilan layar peta penyebaran, bahkan memiliki aplikasi yang bisa diunduh semua masyarakat Jawa Barat. Bahkan, ada sistem yang sudah bisa mengkoneksikan sampai ke 50 ribu lebih Ketua RW," ujarnya.

Menurut Tito, keberadaan Command Center tersebut sudah sangat baik dan sangat efektif untuk digunakan mengedukasi masyarakat terkait penanganan Covid-19.

"Masyarakat mungkin belum semua mengerti apa itu Covid-19, apa itu social distancing dan bagaimana memperkuat tubuh dengan imunitas. Dengan adanya Command Center ini akan sangat mudah sekali. Sehingga saya berharap teman-teman kepala daerah di tempat lain bisa membuat Command Center yang ada di daerah masing-masing," tutur mantan Kapolri itu.

Tak berhenti sampai di situ, Tito juga menilai Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran Corona Covid-19.

"Termasuk antisipasi ke depan misalnya terjadi lonjakan. Beliau sudah menyiapkan rumah sakit, tenaga medis, ruang isolasi dan lain-lain," ujar Tito.

Tito juga menjelaskan bahwa Pemprov Jabar sudah membentuk organisasi dalam rangka penaggulangan Corona Covid-19.

"Jadi selain ada leadership ada juga unsur yang melakukan edukasi, ada tim yang melakukan tracing, dan tim yang melakukan penanganan mereka ODP dan PDP ini sudah Beliau siapkan semua. Apalagi tim ini sudah lintas sektoral melibatkan TNI, Polri dan instansi lain," katanya.

Simak video pilihan di bawah ini: